-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Kemampuan Daerah Terbatas, Baru Dua Persen Beasiswa Santri Miskin Dapat di Salurkan

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, February 21, 2024, 07:44 WIB Last Updated 2024-02-21T00:44:05Z

    Bireuen - Dinas Pendidikan Dayah dibawah naugan Pemerintah Kabupaten Bireuen pada tahun 2024, menyalurkan Progrqm Beasiswa Santri Miskin Berprestasi.


    Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan  akses pendidikan dan kualitas santri di dayah sesuai dengan sebutan Kabupaten Bireuen sebagai Kota Santri.


    Sementara, Kadis Pendidikan Dayah Bireuen, Anwar, S.Ag, MAP, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (19/2) 2024 , mengatakan,pemberian  beasiswa itu bentuknya hibah kepada masyarakat yang kurang mampu, dengan jumlah Beasiswa yang diberikan untuk  1.100 santri dari dayah terakreditasi di Kabupaten Bireuen.


    Jumlah Beasiswa yang diberikan kepada santri miskin berprestasi berupa bantuan langsung tunai sebesar Rp1 juta. Total anggarannya mencapai Rp1,1 miliar yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada APBK Bireuen tahun anggaran 2024.


    Program ini merupakan  salah upaya lPemerintah Kabupaten Bireuen dalam meningkatkan akses didunia  pendidikan serta  kualitas santri di daerah.


    Beasiswa ini diharapkan, mampu meringankan biaya pendidikan bagi santri berprestasi dari keluarga kurang yang mampu yang ada di Kabupaten  Bireuen" jelas Anwar.


    Selanjutnya, kata Anwar, jumlah dari penerima Beasiswa saat ini  masih tergolong kecil, dibandingkan dengan jumlah santri di Kabupaten Bireuen yang mencapai 45.239 orang. Mereka berasal dari 204 dayah yang terakreditasi sesuai SK Gubernur Aceh Nomor 451.44/1821/2023 tqnggal ( 29/12)2023.


    Pada detik ini Pemerintah Kabupaten  Bireuen baru bisa membantu lebih kurang dua persen dari jumlah santri semuanya di sesuai dengan kemampuan APBK tahun 2024.


    Mudah-mudahan ada donatur lain yang ikut termotivasi Untuk membantu kekurangan pemberian Beasiswa untuk santri kurang mampu  di Bireuen, seperti  bantuan dana CSR BUMN maupun dari perusahaan swasta lainnya,” sebut Anwar.


    (Hendra)

    Komentar

    Tampilkan