-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Benimeritus Halawa Membuka Secara Resmi Rapat Pleno KPU Nias Selatan Pemilu 2024

    Monday, February 26, 2024, 12:28 WIB Last Updated 2024-02-26T05:28:29Z


    Nias Selatan
    , - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) menggelar Pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2024. 


    Pembukaan Pleno Terbuka ini dilaksanakan di Hall Defnas Teluk Dalam, Jalan Pramuka, Pasar Teluk Dalam, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, pada hari Sabtu (24/02/2024). 


    Pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2024 dihadiri oleh Ketua KPU Nias Selatan bersama dengan Komisioner KPU Nias Selatan, Ketua Bawaslu Nias Selatan bersama Komisionernya, Bupati Nias Selatan, Danlanal Nias, Kapolres Nias Selatan, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Danramil Teluk Dalam, PPK dari beberapa kecamatan, para Ketua Partai, para saksi, LSM, dan Pers. 


    Dalam sambutan Ketua KPU Nias Selatan, Benimeritus Halawa, menyampaikan bahwa sesuai dengan PKPU Nomor  5 Tahun 2024, tahapan pelaksanaan pleno tingkat PPK kecamatan dilaksanakan dari tanggal 15 Februari sampai tanggal 2  Maret 2024, dan tahapan pelaksanaan pleno tingkat kabupaten juga dilaksanakan mulai tanggal 17 Februari sampai tanggal 5 Maret 2024. Mengingat tahapan ini beriringan dengan tahapan pelaksanaan pleno tingkat kecamatan, tanpa harus melenceng di setiap tahapan yang sudah diatur di dalam PKPU Nomor 5 tahun 2024, KPU sudah menyurati PPK yang melaksanakan pleno untuk dapat segera mungkin memulai pleno dan menyelesaikannya paling terlambat tanggal 21 Februari 2024, tetapi dalam kenyataannya masih ada beberapa kendala termasuk kendala jaringan, karena pelaksanaan pleno tingkat kecamatan diwajibkan terhubung menggunakan sirekap.


    Untuk 35 kecamatan di Kabupaten Nias Selatan, ada beberapa Kecamatan yang kita perlakukan khusus berhubung karena memang di lokasi kecamatan itu sinyal internetnya dipastikan tidak bisa pelaksanaan pleno menggunakan Sirekap web. Enam kecamatan di Kepulauan Batu dan ditambahkan satu kecamatan di daratan yaitu Kecamatan Susua,” kata Benimeritus Halawa. 



    Lanjut, Benimeritus Halawa menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah menerima logistik dari 10 kecamatan dan 23 kecamatan yang sudah menyelesaikan plenonya, tetapi beberapa lagi proses penggandaan hasil dan penandatanganan di tingkat kecamatan. “Mengingat pelaksanaan pleno tingkat provinsi yang akan dimulai tanggal 6 Maret 2024, maka kami dari KPU Nias Selatan mulai melaksanakan pleno tingkat kabupaten mulai tanggal 24 Februari 2024 sampai 3 Maret 2024,” kata Benimeritus Halawa yang kemudian membuka secara resmi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2024. Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, Neli Pesta Hartati Zebua menekankan pentingnya kelancaran pleno tanpa mengabaikan pleno tingkat kecamatan yang masih berlangsung. Dia juga mengapresiasi kerja sama antara berbagai pihak, termasuk Forkopimda, dalam memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan baik. “Rapat pleno kabupaten di Nias Selatan telah dimulai pada hari ini dan resmi dibuka oleh Pak Ketua KPU. 


    Ketua Bawaslu menyambut baik dengan harapan agar tidak terjadi keterlambatan, mengingat tahapan yang akan terus berlanjut hingga ke pleno tingkat provinsi. Meskipun fokus pada pleno tingkat kabupaten, kami berharap lagi agar rapat pleno yang dimulai hari ini dapat berjalan lancar tanpa mengabaikan progres pleno di tingkat kecamatan yang mungkin masih belum selesai di beberapa tempat, juga agar dapat memperhatikan beberapa keluhan, tanggapan, atau sanggahan yang mungkin belum dapat atau belum diselesaikan di tingkat kecamatan. harap Ketua Bawaslu Nias Selatan.


    Kegiatan ini sedang berjalan sampai pada tahap selesainya proses pleno KPU berikutnya.


    S. Tel


    Komentar

    Tampilkan