-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Air Hujan Ternyata Memiliki Berbagai Manfaat Bagi Anak Anak

    Metronewstv.co.id
    Saturday, February 3, 2024, 21:09 WIB Last Updated 2024-02-03T14:09:21Z

    Pemalang - Hallo Bunda...sekarang ini sudah musim penghujan, bulan Februari 2024 ternyata curah hujan di daerah kabupaten Pemalang cukup tinggi. 


    Bagi Bunda yang masih punya anak anak tentu akan sering diminta izin oleh anak anak nya untuk minta main hujan (hujan hujanan) ketika hujan turun, atau jangan jangan sudah sudah kecolongan sama si kecil yang tahu tahu sudah main hujan hujanan bersama teman temannya. 


    Bunda tidak perlu khawatir karena ternyata air hujan bisa memiliki berbagai manfaat bagi anak Anak, yuk kita simak apa saja sih manfaatnya, 


    - Ternyata air hujan kaya akan nutrisi, Air hujan mengandung mineral dan nutrisi yang penting untuk perkembangan dan kesehatan anak-anak.


    Anak-anak yang minum air hujan dapat mendapatkan asupan nutrisi tambahan secara alami, (tapi air hujan yang langsung dari langit ya... /bukan air hujan yang ditampung dari talang genteng dirumah). 


    - Ternyata air hujan bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi air hujan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak. Nutrisi alami dalam air hujan dapat membantu melawan virus dan infeksi dan sekali lagi (tapi air hujan yang langsung dari langit ya... /bukan air hujan yang ditampung dari talang genteng dirumah).


    - Ternyata air hujan bisa menenangkan kulit sensitif, anak-anak dengan kulit sensitif atau gangguan kulit seperti eksim atau dermatitis dapat mendapatkan manfaat dari mandi dengan air hujan. Ini karena air hujan bersifat lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat memperburuk kondisi kulit.


    - Dengan bermain hujan (hujan hujanan) maka bisa mendorong anak anak membangun kecintaan alam, (dengan berinteraksi dengan air hujan, anak-anak dapat mengembangkan rasa cinta dan keingintahuan terhadap alam). Sebab secara langsung atau tidak langsung mereka dapat mempelajari tentang siklus air dan bagaimana pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih.


    Bahkan air hujan dapat membantu pertumbuhan tanaman, dengan demikian anak-anak dapat belajar tentang pentingnya air bagi kehidupan tumbuhan melalui pengamatan bagaimana air hujan memberi nutrisi pada tanaman dan membantu proses fotosintesis serta menyuburkan pertumbuhan tanaman.


    Amatilah anak anak yang sedang main hujan hujanan, biasa sikecil akan mengekspresikan dirinya lebih aktif, seperti loncat loncat, berlarian dan kadang menengadah keatas untuk meminum air hujan yang jatuh dari langit, dengan demikian maka sangat membantu motorik anak anak (Secara umum, motorik adalah kemampuan gerak tubuh yang perkembangannya dipengaruhi oleh umur dan perkembangan anak secara keseluruhan. Perkembangan motorik anak juga berjalan bersamaan dengan kematangan fisiknya dan merupakan hasil dari berbagai faktor), dan kondisi anak anak ketika main hujan hujan dapat membantu membangun motorik anak anak.


    Namun demikian, penting juga untuk menjaga kebersihan air hujan sebelum di konsumsi atau digunakan untuk aktivitas lainnya.


    Air hujan harus disaring atau dimasak sebelum dikonsumsi untuk menghindari penyakit yang dapat disebabkan oleh kotoran atau polusi yang mungkin ada dalam air hujan.


    Dan perlu diingat Bunda ya... Setelah anak anak selesai mandi hujan (hujan hujanan) penting untuk dimandikan kembali, dan selanjutnya berikanlah minuman hangat (teh manis, susu hangat, coklat hangat) sebagai penawar rasa dingin, dan berikanlah makanan cemilan sehat seperti biskuit atau roti, karena biasanya anak anak yang selesai berinteraksi dengan air hujan cenderung merasa lapar. 


    Ok Bunda... Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan