-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Grand final "JUMANTARA ASHA MENUJU KAMPUS IMPIAN" LOMBA ESAI Ikatan Mahasiswa Pemalang (IMP) UNDIP FAIR Tahun 2024

    Tuesday, January 16, 2024, 08:29 WIB Last Updated 2024-01-16T01:29:00Z


    Pemalang
    , - Tahapan untuk seleksi kegiatan lomba Esai ini ada beberapa tahapan seleksi, tahapan awal. Adalah penilaian proposal, yang kedua yaitu tahapan penilaian dari presentasi, selanjutnya jumlah peserta ada 160 dari seluruh Indonesia, dan hari ini kita ambil 15 besar Nasional, dan kita laksanakan presentasi lewat (Hibryd, online dan offline), hal tersebut disampaikan Dr.Ir. Fahmi Arifan, ST, M.Eng, IPM selaku Pembina IMP UNDIP sekaligus dewan juri dari kegiatan Grand final "JUMANTARA ASHA MENUJU KAMPUS IMPIAN" LOMBA ESAI Ikatan Mahasiswa Pemalang (IMP) UNDIP FAIR Tahun 2024, yang berlangsung di Ruang Multi media SMA N 1 Pemalang, Minggu (14/01/2024). 


    Lebih lanjut Fahmi Arifan menambahkan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian road show acara Ikatan Mahasiswa Pemalang (IMP) Fair tahun 2024, selanjutnya minggu depan juga akan digelar Brain out Expo kampus dari seluruh Jawa Tengah di SMAN 2 Pemalang. 



    Ragam kegiatan ini bertujuan untuk bisa menggali kemampuan dan pengalaman anak bangsa yang kreatif, inovatif untuk bisa mengembangkan potensi potensi yang ada. 

    Sehingga ilmu yang didapat nantinya bisa untuk diejawantahkan dalam kemajuan bangsa. 

    Dan selebihnya dari karya karya ilmiah ini nantinya bisa diimplementasikan di masyarakat secara umum secara luas. Sub tema dari kegiatan ini adalah, Manajemen Lingkungan, Renewable Energy, Ekonomi Kreatif, dan Ketahanan Pangan. 

    Harapannya dengan dilangsungkannya kegiatan ini bisa membangkitkan semangat anak-anak muda untuk bisa memberikan suatu perubahan terutama penemuan-penemuan baru di daerah-daerah. 


    Terutama dengan para Generasi Z (Gen-Z) tentu harus dipacu kreatifitasnya untuk turut peduli pada perkembangan perkembangan zaman dan pengembangan teknologi, pungkas Fahmi Arifan.



    Selanjutnya Ika Pratiwi, S.E., M.Ak dosen administrasi pajak kampus batang Universitas Diponegoro selaku dewan Juri dua juga turut menyampaikan bahwa kegiatan lomba esay ini dimaksudkan untuk mencari bakat dan pengembangan ilmu serta mengenal potensi sumber daya manusia dengan pendekatan sumber daya alam yang melimpah agar nantinya bisa di sinergikan dengan kegiatan-kegiatan teman-teman siswa SMA di seluruh Indonesia. 

    Karena dengan pendekatan tersebut pastinya mereka bisa menuangkan ide dan gagasannya agar mampu berkontribusi untuk Indonesia. 


    Dalam sub tema dari lomba esai yang sudah ditentukan, pastinya mereka akan menemukan karya ilmiah yang kedepannya bisa menjadi bekal kelak menjadi penerus bangsa dan sukses dalam memajukan Indonesia. 


    Dari ketiga juara yang hari ini sudah berhasil diraihnya, semuanya bisa mengimplementasikan terkait ekonomi kreatif, manajemen lingkungan, keterbaruan energi serta ketahanan pangan, hal itu sudah tercakup dari ketiga juara lomba esay tersebut. 

    Hal ini menarik, ide dan gagasan kalian itu sangat luar biasa, dan perlu digaris bawahi bahwa suatu perlombaan pasti ada Tim yang harus menang, tapi sekalipun dari kalian ada yang belum menjadi pemenang tapi ide dan gagasan kalian luar biasa , jadi kedepannya terus maju jangan berputus asa, karena masih ada kesempatan kalian menjadi juara kedepannya, pungkas Ika Pratiwi.




    Ketua Panitia Triska Ari Andini dari fakultas hukum angkatan 2022 Undip juga turut menambahkan bahwa lomba esai ini adalah salah satu rangkaian kegiatan IMP dari program tahunan untuk dunia pendidikan dan kebudayaan. 

    Dimana nantinya juga ada acara kegiatan try out Expo kampus PTN dan PTS, yang mana kita akan road show dari SMA ke SMA di Daerah Pemalang, dan kita berkeliling dari tanggal 2 Januari sampai tanggal 17 Januari 2024 dengan tujuan untuk mensosialisasikan mengenai jalur masuk di Undip itu apa saja, kemudian mengenai kampus itu seperti apa..?


    Dan Puncak acaranya nanti pada hari Sabtu tanggal 20 Januari 2024 bertempat di SMAN 2 Negeri Pemalang. 


    Pesannya buat yang Menang dalam lomba esai kali ini, tentunya saya ucapkan Selamat dan terus berkembang, terus berkarya, sebab dengan kemenangan ini tentu tidak berhenti pada perlombaan kali ini saja, nantinya mungkin jika ada perlombaan perlombaan lain dan semoga sukses buat karya karya ilmiah selanjutnya dan bisa menjadi salah satu wadah atau sarana untuk berkembang di perlombaan selanjutnya, pungkas Triska Ari Andini. 



    Selanjutnya Denaya Febrisa Maharani selaku Mahasiswa dari Fakultas Psikologi angkatan 2022 sekaligus Wakil ketua Panitia juga turut menyampaikan bahwa kegiatan ini tentu bisa menambah wawasan ilmu buat peserta ataupun buat kami segenap tim panitia. 

    Apalagi sub tema dari kegiatan sangat mengedukasi, dan karya-karya dari peserta-peserta siswa siswi SMA sangat luar biasa. 

    Justru dari sini itu selain tentang lomba esai, juga akan melatih tentang public speaking bagaimana melatih berbicara di depan banyak orang. 

    Nanti kedepannya public speaking nya pasti berkembang dan akan lebih bagus lagi dan lebih bisa berkembang lagi, pungkas Denaya Febrisa Maharani. 


    Sebagai informasi bahwa sesi akhir putaran grand final lomba esai IMP Undip tahun 2024 ada sebanyak 15 Peserta dari SMA seluruh Indonesia.

    Dan untuk perolehan juara 3 dari MAN 2 Kota Kediri, selanjutnya Juara 2 dari MA AL Iman Bulus Purworejo, dan peraih juara 1 dari Sekolah Merdeka Yogyakarta. 



    Eko B Art/Admin4 

    Komentar

    Tampilkan