-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Bimbingan Teknis (BIMTEK)PPS dan KPPS Se-Kecamatan Kelam Tengah

    Metronewstv.co.id
    Monday, January 29, 2024, 11:57 WIB Last Updated 2024-01-29T04:57:05Z

    Kaur – Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Camat Kelam Tengah, Minggu 29 Januari 2024,  


    Acara Bimbingan Teknis (BIMTEK) ini dihadiri oleh Ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), anggota PPS, dan seluruh anggota KPPS. Keberagaman peserta acara menciptakan forum diskusi yang produktif, di mana para penyelenggara pemungutan suara dapat saling bertukar informasi dan pengalaman. 


    Ketua PPK Kelam Tengah Windra Tonsi menyampaikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di Pemilu 2024. Tugas mereka mencakup melayani hak pilih masyarakat dan peserta pemilu, menjaga integritas proses pemungutan suara, serta memastikan penghitungan suara yang dilakukan dengan akurat.

    "Kecamatan Kelam Tengah terdapat 25 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 desa. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan keakuratan pelaksanaan tugas, Bimbingan Teknis (BIMTEK) dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama dimulai pada hari Sabtu, 28 Januari 2024, dengan melibatkan 6 Desa. Sedangkan, tahap kedua dilaksanakan pada Minggu, 29 Januari 2024, dengan melibatkan 7 Desa," terang Windra Tonsi. 


    Bimbingan Teknis (BIMTEK) ini memiliki tujuan utama untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada setiap anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 


    "Materi yang disampaikan terkait Penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota KPPS, Panduan cara menerima pemilih yang akan mencoblos dengan menjelaskan prosedur dan standar yang harus diikuti, dan materi Sirekap yang di  PPK Kelam Tengah," ujar Windra. 


    Selain itu, Identifikasi dan solusi untuk masalah-masalah yang mungkin muncul selama pemungutan suara di TPS, Prosedur Pencoblosan, Langkah-langkah yang harus diikuti oleh pemilih mulai dari memasuki bilik atau kotak suara hingga memasukkan kartu ke dalam bilik suara, cara menghitung surat suara secara akurat dan transparan.


    “Melalui Bimbingan Teknis (BIMTEK) ini, diharapkan anggota KPPS dapat lebih siap dan terlatih untuk menghadapi setiap situasi yang mungkin terjadi selama proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing. Lakukakan  kolaborasi antara semua pemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan Pemilu 2024 terkhusus di Kecamatan Kelam Tengah,” tutup Windra Tonsi.


    (Ilpi.T)

    Komentar

    Tampilkan