-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Waspada! Modus Penipuan "Giveaway" Mengatasnamakan Baim Wong Lewat Facebook

    Metronewstv.co.id
    Saturday, December 16, 2023, 16:03 WIB Last Updated 2023-12-16T09:03:23Z

    Bener Meriah - Dunia maya kembali diramaikan dengan aksi penipuan yang mengatasnamakan salah satu selebriti terkenal, Baim Wong. Saptu 16/12/23


    Wen juwans  warga Pintu Rime Gayo.telah menjadi korban penipuan" giveaway" Mengatasnamakan Baim Wong. Lewat akun Facebooknya.


    Awalnya saya melihat link di Facebook teman ada undian berhadiah dari Baim Wong, saya chat di facebook teman apakah itu benar, bagaimana caranya, ia membalas bahwa itu benar, lalu dikirim tautan messengger, setelah diklik langsung tersambung ke WhatsApp," katanya.


    Karena penasaran, korban lalu berkomunikasi dengan admin media sosial itu dan diberikan sejumlah pertanyaan lengkap dengan petunjuknya. Dalam syarat itu disebutkan bila semua pertanyaan benar maka ada video call langsung dari Baim Wong.


    "Di WA itu terlulis kalau jawaban semua benar, ada video call. Tidak lama, beberapa menit ada memang telepon video call masuk, ternyata dari Baim Wong sama anak dan istrinya," katanya.


    Setelah video call selesai, admin kemudian memberitahu dirinya akan mendapatkan hadiah uang senilai Rp20 juta asalkan menyelesaikan biaya pajak sebelum uang tersebut dikirim. Meski sedikit ragu, korban kembali mengecek lewat pesan di facebook rekannya, dan dijawab benar.


    Merasa itu benar, korban lalu membalas chat admin dan dikirimkan nomor rekening agar mentransfer sejumlah uang secara bertahap dan admin menyakinkan uang hadiah segera dikirim apabila sudah menyelesaikan biaya pajak pemenang.


    Awalnya admin meminta dikirim Rp750.000 Ribu Rupiah , lalu dikirim, dan membuktikan hasil transper rekening tersebut. muncul kode kedua meminta lagi Rp200 Ribu Rupiah.


    Setelah mengirim bukti transfer yang kedua, akun FB nya langsung di Hack dan tidak dapat dipergunakan lagi


    "Saya kirim ke nomor rekening atas nama Muhamad Ibrahim. Bank BRI. sebanyak total Rp.950.000  secara bertahap, dan bukti transfer ada saya simpan.


    Bambang Mulyono

    Komentar

    Tampilkan