-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Potensi Pertanian Tinggi, Desa Marga Mulya Mengolah Limbah Lokal Untuk Pupuk Cair

    Monday, December 4, 2023, 17:47 WIB Last Updated 2023-12-04T11:54:34Z


    Muara Enim,- Sekumpulan dosen teknologi pertanian universitas sriwijaya yang diketuai oleh Dr. Rizky Tirta Adhiguna menjadikan desa marga mulya kecamatan rambang kabupaten muara enim sebagai lokasi desa pengabdian kepada masyarakat. 



    Desa marga mulya yang dihuni mencapai 3.616 jiwa memiliki potensi dalam aktifitas pertanian karet, hortikultura dan peternakan ikan lele. Potensi lokal desa yang memanfaatkan limbah organik rumah tangga untuk diolah menjadi pupuk cair eco-enzyme menarik minat warga desa untuk memproduksi secara mandiri untuk keperluan pertanian warga desa. Kegiatan pengabdian dalam bentuk perkuliahan desa melibatkan perangkat pemerintahan desa, BPD, kelompok tani dan kelompok ibu-ibu PKK dalam memberikan pengetahuan baru dalam menghasilkan nilai tambah dari limbah lokal yang ada di desa.



    Saat dijumpai ketua pengabdian Dr Rizky Tirta Adhiguna menyampaikan bahwa warga desa marga mulia memiliki antusias yang tinggi dalam menerapkan perkembangan pengetahuan dalam menghasilkan eco enzyme dari limbah rumah tangga. 



    Lanjut Dr Rizky, Pada kesempatan ini juga tim pengabdian memberikan materi dan teknis dengan melibatkan mahasiswa teknologi pertanian semester 5 dalam budidaya jamur tiram yang dapat memberikan peluang dalam meningkatkan perekonomian warga desa. 



    Upaya pencegahan stunting dengan asupan jamur tiram yang memiliki kandungan protein cukup agar dapat dikonsumsi oleh anak-anak dapat dilakukan melalui produksi jamur tiram secara mandiri. Desa marga mulya sebagai salah satu desa binaan Universitas Sriwijaya telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2019 yang bekerjasama dalam melaksanakan pengabdian secara berkelanjutan. Tahun depan, kami secara konsisten akan melaksanakan kembali pengabdian sesuai dengan topik yang sesuai dengan kebutuhan warga desa, pungkas Dr Rizky.



    Yix/ Admin.

    Komentar

    Tampilkan