-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Pengecekan Kesiapsiagaan Masing Masing Institusi dan Instansi Yang Terlibat Dalam Urusan Kebencanaan

    Admin
    Saturday, December 9, 2023, 00:58 WIB Last Updated 2023-12-08T17:58:25Z

    Pemalang,- Plt BPBD Kabupaten Pemalang Sukisman saat ditemui usai apel melaporkan bahwa tujuan apel ini adalah untuk mengecek kesiapsiagaan masing-masing institusi dan instansi yang terlibat dalam urusan kebencanaan serta menyiapkan segala sesuatunya baik personil, peralatan, anggaran dan lainnya yang kaitannya dengan kebencanaan karena dalam bulan-bulan November, Desember, Januari dan Februari diperkirakan puncaknya cuaca ekstrem.


    Disampaikan juga bahwa untuk jumlah pasukan sebanyak 400 personil yang terdiri dari PMI, TNI, Polri, Baznas, BPBD, Pemalang Rescue, Basarnas dan Ormas.

    Sukisman berharap dengan slogannya yaitu yang berbunyi “kami lebih baik siap tapi tidak terjadi sesuatu, daripada kami tidak siap tapi terjadi”, tegas Sukisman. 



    Dalam hal ini guna mengantisipasi dampak fase peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan,  Pemerintah Kabupaten Pemalang menggelar Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Pemalang.




    Apel gelar pasukan dan peralatan diawali dengan pengukuhan secara simbolis pemakaian topi penanggulangan oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat kepada 2 relawan dari FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Pemalang dilanjutkan pengecekan pasukan dan peralatan bersama Forkopimda Kabupaten Pemalang, tandas Sukisman. 


    Usai pemakaian topi kepada relawan dan pengecekan pasukan, Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T memimpin Apel di Alun-alun Kabupaten Pemalang, Jumat (8/12/2023).



    Dalam amanatnya, Mansur Hidayat mengatakan bahwa apel hari ini menjadi salah satu langkah nyata segenap stakeholder bidang kebencanaan di Kabupaten Pemalang dalam mempersiapkan kesiapannya menghadapi potensi bencana hidrometeorologi.


    “Hal ini penting karena untuk menyiapkan kesiapsiagaan diri menghadapi berbagai potensi bencana, khususnya bagi warga masyarakat Kabupaten Pemalang,” jelas Mansur Hidayat. 



    Mansur Hidayat juga menyampaikan bahwa bencana yang kemungkinan terjadi karena sudah mulai masuk musim hujan ada beberapa bencana yang bisa terjadi diantaranya yaitu tanah longsor.



    Mansur juga menjelaskan secara garis besar untuk lokasi-lokasi kemungkinan longsor ada di daerah Pemalang selatan seperti Watukumpul, Moga, Pulosari dan daerah rawan banjir ada di daerah Pemalang pantura seperti Comal dan sebagainya.



    “Kira-kira itu beberapa potensi yang bisa dipetakan bencana yang kemungkinan bisa terjadi, akan tetapi harapannya tidak terjadi bencana di Kabupaten Pemalang,” pungkas Mansur Hidayat.

    (Eko B Art/Admin) 

    Komentar

    Tampilkan