-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Kegiatan Jumbara Adalah Wadah Pembinaan dan Pengembangan Anggota Remaja PMI Yang Selanjutnya Disebut PMR

    Friday, December 22, 2023, 13:35 WIB Last Updated 2023-12-22T06:35:57Z


    Pemalang
    , - Ketua Panitia PMR Madya dan Wira melaporkan bahwa tujuan diselenggarakannya Jumbara yaitu untuk mengevaluasi proses pembinaan PMR terutama dalam hal pelatihan, pelaksanaan Tri Bakti PMR dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia, berjumpa untuk saling berbagi dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


    Peserta Jumbara adalah anggota PMR Madya dan Wira dari PMI Kabupaten Pemalang dengan rincian yaitu PMR Madya adalah PMR setingkat SLTP jumlah peserta 23 Kontingen, PMR Wira merupakan PMR setingkat SLTA jumlah peserta 24 Kontingen, setiap kontingen terdiri dari 16 peserta dan 2 pembina pendamping.


    Perkemahan Jumbara dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 21 sampai 23 Desember 2023 dengan jumlah keseluruhan PMR Madya 414 peserta dan PMR Wira 432 peserta, total 846 peserta.


    Kita juga tadi saksikan bersama dalam kegiatan ini, Bupati Pemalang didampingi Ketua PMI Kabupaten Pemalang menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 4 warga yang tidak mampu dari desa Moga dan desa Banyumudal.


    Bapak Bupati Mansur bersama Sekda Heriyanto didampingi Ketua PMI Ahmad Fattah juga mengunjungi tenda SMA dan SMK peserta jumbara.


    Total ada sebanyak 864 pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang terdiri dari anggota PMR Madya dan Wira mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Kampung Teh Semugih, Kecamatan Moga, Kamis (21/12/2023).


    Kegiatan ini secara resmi telah dibuka oleh Bapak Bupati Pemalang Mansur Hidayat ditandai dengan penyematan secara simbolis tanda peserta jumbara dan pelepasan tujuh burung merpati sebagai lambang tujuh prinsip dasar gerakan PMI, tandas Ketua Panitia PMR Madya dan Wira. 


    Selanjutnya Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa generasi muda merupakan kader-kader pemimpin masa depan bangsa, untuk itu diperlukan pembinaan yang memadai dan berkesinambungan.


    “Pembinaan dapat dilakukan melalui berbagai lembaga/organisasi, diantaranya PMI lewat PMR, KSR dan TSR,” ujar Mansur Hidayat. 


    Mansur Hidayat juga menegaskan bahwa Palang Merah Remaja adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI yang selanjutnya disebut PMR dengan tujuan pengkaderan di kalangan remaja.


    “PMI menyiapkan relawan satu tingkat diatasnya untuk membina PMR agar kader PMI lebih terampil dan kreatif,” pungkas Mansur Hidayat.

    Eko B Art/admin

    Komentar

    Tampilkan