-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Bantuan Kambing 40 Ekor Ludes Dijual, Ada Apa Dengan Kelompok Penerima di Desa Sidomulyo

    Metronewstv.co.id
    Friday, December 29, 2023, 11:54 WIB Last Updated 2023-12-29T04:54:38Z

    Batang - Salah satu kendala yang dihadapi pemerintah dalam upaya meningkatkan populasi ternak adalah masih banyaknya penerima ternak bantuan yang memperjualbelikan ternak yang seharusnya dikembangbiakkan untuk bantuan bergulir bagi petani ternak lainnya.


    Seperti halnya yang terjadi di Desa Sidomulyo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Bantuan dari Dinas Peternakan Propinsi Jawa Tengah Tahun 2013 kepada Kelompok di Desa Sidomulyo Kecamatan Limpung Kab. Batang sebanyak 40 ekor kambing ludes dijual.


    Menggali informasi lebih lanjut, awak media menemui ketua kelompok dan anggota kelompok di balai desa Sidomulyo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Jum’at, 22/12/2023


    Nur Khasani selalu ketua kelompok yang saat ini menjabat sebagai Kadus Banaran Desa Sidomulyo saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kelompoknya mendapatkan bantuan ternak yang bersumber dari Dinas Peternakan Propinsi Jawa Tengah Tahun 2013 sebanyak 40 ekor dan diterimakan di depan halaman rumah kades Edi Setiawan yang saat itu menjabat.


    Lebih lanjut dijelaskan oleh Nur Khasani, bahwa saat pembagian kambing tersebut, dirinya tidak dilibatkan sehingga saat itu dirinya off dari kepengurusan kelompok dan dilanjutkan oleh Kantong Imam sebagai anggota.


    “Saat penerimaan kambing di depan halaman rumah Kades Edi Setiawan saya memang menerima dan hadir menyaksikan dengan anggota kelompok mas, akan tetapi saat pembagian saya tidak dilibatkan, jadi saat itu saya off dari kepengurusan kelompok dan dilanjutkan oleh pak imam” Jelas Nur Khasani kepada awak media.


    Ditempat yang sama, Kantong Imam ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya yang mengumpulkan kembali kambing bantuan hibah yang sudah berada di warga. dari tahun 2013 sampai tahun 2021 jumlah bantuan 40 ekor kambing, setelah dikumpulkan ternyata hanya tersisa 10 kambing untuk selanjutnya di tempatkan di kandang bp. Suamin (saat ini menjabat sebagai Kadus Wonoboyo Desa Sidomulyo).


    “Hewan bantuan ternak berupa Kambing memang saya kumpulkan kembali mas, saya taruh di pak Suamin, supaya dipelihara pak Suamin. mungkin karena pak Suamin Bosan, lalu 10 kambing tersebut dijual oleh pak Suamin. Hasil penjualan 10 kambing tersebut 8,5 juta lalu dibelikan 1 sapi. Kabarnya belum lama ini sapi dijual oleh Pak Suamin tanpa sepengetahuan ketua dan anggota, dan uangnya pun sampai sekarang belum dikembalikan” Ucap Imam kepada awak media”.


    Ditempat terpisah, Suamin (Kadus Wonoboyo Desa Sidomulyo) ketika dikonfirmasi di kediamannya menjelaskan bahwa dirinya memang dititipi kambing sebanyak 8 ekor yang bersumber dari Bantuan Dinas Peternakan oleh Nur Khasani dan Kantong Imam, lalu kambing tersebut dijual oleh dirinya dikisaran bulan April 2023 seharga 15 juta rupiah.


    Faisol Al Jupri selaku Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang ketika dikonfirmasi melalui chat whatsapp mengenai Adanya Bantuan Ternak Kambing 40 ekor yang ludes dijual, dirinya membalas dengan kalimat singkat “ora paham pak” (Tidak tahu pak).


    Menanggapi kejadian seperti ini, bagaimanakah tindak lanjut dari Dinas Peternakan, inspektorat dan Aparat Penegak Hukum? Bersambung…


    (Budi S)

    Komentar

    Tampilkan