-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Pertemuan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Di Kabupaten Nias Utara Tahun 2023

    Saturday, November 4, 2023, 16:21 WIB Last Updated 2023-11-04T09:21:49Z


    Nias Utara
    , - Melalui badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten nias utara, melaksanakan rapat tim terpadu penanganan konflik sosial yang di buka secara resmi oleh wakil bupati nias utara bertempat di aula tafaeri kantor bupati nias utata (kamis, 02/11/2023).



    Dalam laporan Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Nias Utara menyampaikan bahwa tujuan pembentukan tim terpadu penanganan konflik sosial yaitu untuk  sinkronisasi, harmonisasi dan integrasi kebijakan serta penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) secara terpadu yang terkoordinasi, terkonsolidasi, serta sinergitas antar OPD dan instansi vertical  terkait. Sehingga pencegahan konflik yang diimplementasikan melalui penyusunan Rencana Aksi Penanganan Konflik Sosial yang dirumuskan oleh Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial di Tingkat Provinsi  dan seluruh Kabupaten Kota berguna untuk mendorong terciptanya kondisi sosial, hukum dan keamanan dalam negeri yang kondusif dalam mendukung kelancaran pembangunan nasional.



    Sementara itu mewakili Forkopimda yang diwakili Wakapolres Nias Kompol S.K Harefa, MH dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas  terlaksananya Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2023 karena kegiatan ini sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Nias Utara yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang penanganan konflik Sosial.



    Wakapolres Nias juga menyampaikan bahwa di Wilayah Kabupaten Nias Utara untuk situasi Kamtibmas masih dalam situasi aman, namun sangat penting untuk dilakukan pembahasan dan pengkajian untuk mencegah isu-isu permasalahan yang berkembang dan berpotensi terjadi konflik baik dari segi sosial politik dalam mengahadapi pesta demokrasi, masalah Sumber Daya Alam, isu Sara, maupun batas-batas wilayah dan potensi lain yang dapat menimbulkan masalah ke depan, serta berharap melalui rapat ini dapat mencari solusi dan pemahaman yang sama dalam mengatasi masalah ke depan sehingga kamtibmas di Kab. Nias Utara terus kondusif.


     


    Wakil Bupati Nias Utara Yusman zega A.Pi, M.Si, dalam arahannya menyampaikan bahwa saat ini kondusivitas Kabupaten Nias Utara sangat aman dan terkendali. Hal tersebut tercipta berkat sinergitas semua pihak baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal terkait serta dukungan atau partisipasi masyarakat.  Meski demikian, tetap tidak boleh lengah dan hendaknya selalu terus melakukan upaya kewaspadaan dini terhadap kemungkinan munculnya potensi konflik sosial yang dapat menimbulkan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap situasi keamanan dan ketertiban ditengah-tengah masyarakat.



    Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa ke depan akan menjelang tahun politik , untuk itu semua yang berkepentingan untuk menjaga kondusifitas daerah, Negara dan Bangsa dengan memelihara kondisi damai dalam masyarakat, meredam potensi konflik dan membangun sistem peringatan dini, mengatasi dengan toleransi dan sikap saling menghargai satu dengan yang lain. Serta berharap kepada seluruh tim terkait agar mempunyai peran strategis untuk menjaga Nias Utara tetap damai dan aman, serta mengajak semua masyarakat agar bersama-sama membangun Nias Utara demi terwujudnya Nias Utara yang Maju, Sejahtera dan berkeadilan.



    Dalam pelaksanaan rapat tersebut telah di hadiri oleh wakil bupati nias utara, wakapolres nias, asisten pemerintah dan kesejahteraan, pabung kodim0213 nias, danramil lahewa, kapolsek tuhemberua dan kapolsek alasa.


    S.telaumbanua/Admin

    Komentar

    Tampilkan