-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Meritokrasi Harus Berbasis Pada Kompetensi, Kualifikasi dan Kinerja Yang Diberlakukan Secara Adil, Wajar, Transparan dan Tanpa Diskriminasi

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, November 29, 2023, 19:13 WIB Last Updated 2023-11-29T12:13:34Z

    Pemalang - Acara kegiatan Upacara HUT KORPRI diikuti oleh seluruh anggota KORPRI di Kabupaten Pemalang. Dalam hal ini mewakili Bupati Pemalang, Sekda Pemalang Heryanto secara langsung memimpin Upacara Hari Korpri Nasional Ke 52 Tahun 2023 di Pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu (29/11/2023).


    Dalam amanatnya saat membacakan sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan, bahwa keberhasilan Indonesia melewati Pandemi Covid 19 dengan baik sehingga dipuji khalayak Internasional dan Reformasi hingga program-program terobosan struktural yang telah berdampak positif ke masyarakat luas adalah bagian dari kerja keras para ASN.


    Selain itu, peran aktif para ASN anggota KORPRI dalam mengendalikan inflasi dan penanganan stunting sangatlah besar. 


    Inflasi terus dikendalikan dan stunting secara bertahap dapat kita turunkan dan insya allah Tahun 2024 sudah sesuai target dapat mencapai 14% atau bahkan kurang dari itu.


    Saat ini, menurut Heriyanto, dunia sudah digerakkan oleh AI (Artificial intelegence), IoT (internet of thing), Big Data, sistem dan algoritma pemrograman, coding, maupun verifikasi biometrik. Sehingga, tidak bisa menggerakkan pemerintahan dengan cara-cara lama. Dan harus menyelesaikan masalah yang ada saat ini dengan pendekatan yang paling update.


    Digitalisasi dalam proses, hasil layanan dan marketing semua produk layanan pemerintahan merupakan kebutuhan.


    Heriyanto lewat pesan tersebut juga minta KORPRI mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna mengembangkan birokrasi Indonesia yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.


    Selain itu, menurut Heriyanto semua negara maju sudah menerapkan sistem meritokrasi dalam birokrasi. 


    Oleh karena itu, pihaknya minta para pengurus KORPRI yang rata-rata adalah para Sekjen, Sesmen, Sekda dapat menerapkan meritokrasi dalam birokrasi. 


    Hal ini sangat penting agar birokrasi Indonesia menjadi semakin baik. 


    Meritokrasi harus berbasis pada kompetensi, kualifikasi dan kinerja yang diberlakukan secara adil, wajar, transparan dan tanpa diskriminasi.


    Heriyanto secara tegas juga berharap sistem meritokrasi ini segera terwujud dan memudahkan pengembangan karir ASN dalam satu kementerian, kabupaten, provinsi, atau pindah kementerian, pindah kabupaten maupun pindah provinsi.


    Hal ini harus dapat dilakukan karena tujuan Meritokrasi adalah untuk


    (1) Merekrut ASN secara professional; 

    (2) Mengembangkan kompetensi ASN; 

    (3) Kepastian karir ASN; 

    (4) Perlindungan karir ASN; 

    (5) Pengelolaan ASN yang efektif dan efisien; dan 

    (6) Penghargaan untuk Memotivasi ASN.


    Selanjutnya Heriyanto menjelaskan, terkait akan berlangsung pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD dan pemilihan 38 Gubernur/Wakil Gubernur dan 514 Bupati/Wakil Bupati/Walikota/Wakil Walikota, pihaknya minta KORPRI tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus, pungkas Heriyanto.


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan