-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Kakankemenag Monev Asesmen Bakat Minat (ABM) Madrasa Aliyah Tahun 2023

    Admin
    Tuesday, November 21, 2023, 12:19 WIB Last Updated 2023-11-21T05:19:06Z

    PEKALONGAN,– Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan, H.Imam Tobroni melakukan kunjungan ke MAN Pekalongan dan MA NU Karangdadap dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Siswa hari pertama pada Senin 20 November 2023.


     

    Gunawan, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kankemenag Kab. Pekalongan, menjelaskan bahwa ABM ini dilakukan bagi siswa kelas 12 (kelas akhir) SMA/SMK/MA, oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Kegiatan ini berlangsung tanggal 20 s.d 23 Nopember 2023.


     

    Tujuan ABM tersebut adalah untuk memberikan informasi ke Siswa, Sekolah/Madrasah/Orang Tua mengenai potensi siswa tersebut pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur sehingga diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencana.


     

    Gunawan juga memaparkan bahwa manfaat ABM tersebut adalah untuk memprediksi kemampuan siswa jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.


     

    Adapun aspek yang diasesmen untuk aspek minat adalah: minat dasar, minat metodis dan minat praktis, sedangkan aspek bakat terdiri dari bakat verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, Bahasa dan klerikal.


     

    H. Imam Tobroni menyampaikan bahwa hasil pantauan kegiatan ABM di MAN Pekalongan dan MA NU Karangdadap, berlangsung aman, tertib dan terkendali, ia berharap tujuan dan manfaat ABM tersebut dapat dicapai dengan maksimal.



    Kegiatan ABM di Kabupaten Pekalongan diikuti oleh 16 Madrasah Aliyah dan 1.069 siswa dari 1.078 keseluruhan siswa kelas XII (99,17 %)



    (Riki/Admin) 

    Komentar

    Tampilkan