-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Dinas Kelautan dan Perikanan Gelar Desiminasi Pembinaan Panglima Laot Kabupaten dan Panglima Laot Lhok Kecamatan

    Metronewstv.co.id
    Saturday, November 18, 2023, 01:28 WIB Last Updated 2023-11-17T18:28:20Z

    Bireuen - Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bireuen menggelar kegiatan Diseminasi Pembinaan Panglima Laot Kabupaten Dan Panglima Laot  Lhok Kecamatan sebagai kelompok Masyarakat  pengawas di bidang kelautan dan perikanan, acara  berlangsung di kantor Abu Laot Kabupaten Bireuen, Jum'at  (17/11) 2023.


    Kegiatan dibuka langsung oleh,Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan,  Ir.M.Jafar, M.M. Dalam sambutanya ia menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatnya pemahaman Panglima Laot mengenai peran dan fungsi lembaga Panglima Laot dimasa dulu, sekarang serta rumusan yang ideal dimasa yang akan datang.


    Dikarenakan pelestarian dan pembinaan adat istiadat bagi Panglima Laot ini sangat penting dilakukan dan jangan menggunakan bahasa laot dan kita harapkan bisa berubah dari kebiasaan sekarang ,”katanya".


    Selanjutnya, panglima laot juga harus mampu memberikan sosialisasi dan imbauan kepada para nelayan sebelum pergi melaut misalkan membiasakan diri untuk selalu berdoa kepada Allah SWT.


    Begitu juga kalau  mau kelaut sebaiknya tunggu waktu shalat dulu sama halnya di waktu hari jumat tidak harus pergi melaut.


    Bagi  Masyarakat yang memiliki perahu baru sebelum digunakan alangkah baik dipeusijeuk dulu, lalu bila kita mendapatkan rezeki kita melakukan syukuran kepada anak yatim dan Masyarakat miskin disesuaikan ajaran Islam." Pintanya".


    Kegiatan  Diseminasi Pembinaan Panglima Laot Kabupaten Dan Panglima Laot Lhok Kecamatan sebagai kelompok Masyarakat  pengawas di bidang Kelautan dan Perikanan memilih tema “Memahami Peran dan fungsi Panglima Laot Masa Dilee, Jinoe dan Ukeu”.


    Kegiatan berlangsung mulai pagi hingga siang hari diikuti oleh 17 Kecamatan  dari unsur Panglima Laot dalam wilayah Kabupaten Bireuen,tidak ada hambatan dan kendala apapun dalam kegiatan tersebut.


    (Hendra)

    Komentar

    Tampilkan