-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Diduga Proyek Siluman Betonisasi Desa jeungjing Di Duga Dikerjakan Asal Jadi

    Monday, November 27, 2023, 16:02 WIB Last Updated 2023-11-27T09:02:37Z


    Tangerang Banten
    , - Proyek betonisasi yang didanai dari anggaran Desa Jeungjing, Kecamatan Cisoka Tangerang Banten, patut diduga dikerjakan tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB). Senin 27/11/2023


    Dari pantauan awak media di lokasi, proyek betonisasi tersebut diduga dikerjakan asal-asalan karena agregat yang digelar tidak sesuai RAB, tidak rata serta tidak adanya pemadatan terlebih dahulu.


    Tak hanya itu, di lokasi proyek betonisasi tidak terlihat papan informasi anggaran, hal itu tentu sudah menyalahi aturan Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Terkesan sengaja dilakukan oleh pihak pelaksana untuk mengelabui publik.


    Saat dikonfirmasi, salah satu pekerja mengatakan bahwa proyek tersebut adalah milik Desa Jinjing, dengan panjang 161 meter, sedangkan untuk papan informasi proyek menurutnya memang tidak ada.


    “Punya ibu lurah jeungjing, tadi dia pesan kalau ada yang datang suruh ke beliau,” kata pekerja yang enggan disebutkan namanya.


    Sementara Nurlaela, selaku Kepala Desa (Kades) Jeungjing saat dikonfirmasi awak media perihal proyek tersebut terkesan tidak mengindahkan. “Ada apa, ada masalah,” jawabnya melalui pesan singkat WhatsApp.


    Disisi lain, Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Seroja Indonesia sangat menyayangkan banyaknya proyek di Kabupaten Tangerang seperti di Jeungjing yang tidak menggunakan papan informasi proyek atau pagu anggaran.


    “Ini bukan yang pertama kali proyek tidak menggunakan papan informasi, padahal anggaran yang digelontorkan itu dari negara, sudah seharusnya pengguna anggaran transparan dan terbuka kepada publik,” ucap Taslim ketum LSM Seroja Indonesia pada awak media. Senin (27/11/2023).


    Taslim juga menerangkan bahwa Keterbukaan Informasi publik sangatlah penting dalam pelaksanaan pengerjaan berlangsung. Sebab kata Taslim, uang yang digelontorkan tersebut dari hasil Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).


    “Itukan anggaran yang berasal dari pajak masyarakat, jadi jangan asal-asalan menjalankan amanah, harus jelas spesifikasinya dan tidak melenceng dari RAB,” pungkasnya.


    Sampai berita ini diterbitkan, dinas terkait belum dapat dikonfirmasi.


    Endang (team)/Admin

    Komentar

    Tampilkan