-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Untuk Ke 2 DPW RSI Riau Dukung Puan Aspekraf Dalam Peringatan Hari Batik Nasional

    Admin
    Tuesday, October 3, 2023, 00:45 WIB Last Updated 2023-10-02T17:45:02Z


    Pekanbaru,-
    Puan Asosiasi Pelaku Ekonomi Kreatif (Aspekraf) yang bekerja sama dengan Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) Riau menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan acara Peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, di Balroom Hotel Grand Elite.(02/10/23).


    Dengan mengusung tema Semarak Batik Riau Menyapa Dunia Puan Aspekraf mengadakan kegiatan parade batik, fashion show, model dan hasil karya batik Desainer yang berasal dari daerah yang ada di Riau.


    Koordinator Puan Aspekraf Dra. Irna Juita menjelaskan bahwa kegiatan Peringatan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan bertujuan memberikan dorongan serta semangat kepada para pembatik yang ada di Riau agar batik Riau bisa mendunia.


    Acara yang di dukung oleh Rumah Sandiauno pusat dan RSI Provinsi Riau dan di ikuti oleh 300 peserta yang berasal dari berbagai komunitas seperti Senam Pesona, Duta Wisata Riau, Khairu Ummat, Spa Marawi, beberapa Miss yang ada Riau, Model Ony Projeck, Host managemen, Disainer Riau dan ada tamu dari SMKN 3 Payakumbuh.


    "Acara ini bertujuan agar para pembatik yang ada di Riau bisa lebih semangat lagi untuk berkarya, agar batik Riau bisa mendunia dan tidak kalah dengan batik Jawa yang merupakan daerah asal batik.


    Alhamdulillah acara ini didukung RSI dan diikuti oleh 300 peserta dari beberapa komunitas yang ada di Riau,"ucap Irna.


    Irna Juita berharap Puas Aspekraf dan komunitas lain dapat bekerjasama dengan Pemerintah Riau agar Batik Riau yang mana motif nya tidak kalah dengan daerah lain terutama daerah Jawa yang merupakan daerah asal batik.


    "Alhamdulillah pencapaian kita saat ini sudah baik, namun kita masih berharap batik Riau bisa lebih berkembang lagi.


    Kemudian dengan dukungan RSI Kami sudah merambah ke Malaysia untuk mengembangkan dan meng export Batik Riau ini, tentunya kami berharap kita semua bisa baju membahu antara pemerintah dengan komunitas bagaimana agar Batik Riau ini bisa mendunia,"harap Irna.


    Ketua DPW RSI Riau Taufan mengatakan bahwa pihaknya yang paling mendukung terselenggaranya Event tahunan Hari Batik Nasional untuk yang ke dua kali di Riau.


    Acara yang dibuka langsung secara live streaming oleh Bapak Mentri Sandiuno yang merupakan Pembina RSI untuk memperingati Hari Batik Nasional yang fokus kepada produk-produk lokal, ekonomi kreatif serta budaya lokal Riau yang mana di 12 kabupaten/kota di Riau memiliki corak dan mofir tersendiri.


    "Kami DPW RSI adalah supprorting Tim Aspekraf terutama dalam mengembangkan Batik Riau, dan ini adalah kegiatan peringatan Hari Batik Nasional yang kita dukung.


    Termasuk juga dukungan kita saat tim puan Aspekraf ke Malaysia agar bagaimana produk Batik Riau ini bisa di export ke luar negeri,"ujar Taufan.


    Taufan mengatakan bahwa kementrian Pariwisata yaitu Bang Sandiuno dan RSI Riau mendukung acara ini dari tehnis maupun financial dengan harapan agar Batik Riau bisa me Nasional dan lebih terkenal lagi.


    "Sepak terjang batik Riau sudah cukup bagus karna sudah terdafta di Pusat, namun penekanan dari Bang Sandi adalah bagaimana batik Riau bisa lebih di kenal lagi di Indonesia.


    Keinginan Bang Sandiuno angkatlah batik Riau ini agar setara dengan Batik-batik daerah lain di Indonesia,"ucap Taufan.


    Harapan dari RSI Riau agar acara Batik Riau agar terus berlanjut tiap tahunnya, karna dengan kegiatan ini dapat meningkatkan derajat Batik Riau.


    "Dengan kuatnya persaingan ekonomi di luarsana kita harus sering melaksanakan kegiatan ini untuk mengangkat derajat Batik Riau, dan semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut tiap tahunnya,"harap RSI.


    Penulis : Putra

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan