-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Salah Satu Tambang Peninggalan Belanda yang Berpotensi Bagi masyarakat Penambang Tradisional

    Metronewstv.co.id
    Sunday, October 29, 2023, 11:25 WIB Last Updated 2023-10-29T04:25:45Z

    LEBONG, - Kabupaten Lebong Merupakan Daerah yang masih banyak menghasilkan sumber Daya Alam, Seperti Hasil Pertanian, Gas alam, Tambang Batu Bara, dan tak Kalah Juga Masih Banyak Tambang Emas yang mana sampai sa'at ini masih di kelolah oleh Masyarakat, Beberapa Nama daerah Tambang Emas di Kabupaten Lebong seperti" Lubang Kaca mata, Tik aseak, lebong simpang, Blimeu, Ketenong,  Dan Lobang compoy.


    Seperti kita Lihat Tambang yang ada Didesa Tambang saweak kecamatan Pinang Belapis  kabupaten Lebong yaitu Tambang wilayah Lobang compoy dan Lobang Payo, yang mana Wilayah ini merupakan wilayah Bekas garapan Olahan Pada Zaman Belanda. Dan wilayah ini sekarang di kelolah oleh Masyarakat Itu sendiri hingga sekarang.


    Desa Tambang saweak merupakan Masyarakat Yang Mata Pencaharian nya adalah Sebagai Penambang/ Pendulang. Dan Hampir 70 % beraktifitas di usaha Tambang Tradsional. Dan cara Pengolahan tentunya hanya Memakai Gelundung.

    Hari ini Minggu, (29/10/2023), Tim Media Metronewstv Menemui salah satu warga di lokasi Tambang. Arfan mengatakan "Kami Masyarakat setempat dan Masyarakat luar desa juga Dapat Menyambung Hidup demi Keluarga dan Rutinitas keseharian Kami memang sebagai Penambang. Dan Alhamdulillah Lokasi Tambang ini Merupakan Lahan Tanah Ulayat Desa, Jadi walaupun di Katakan PENAMBANG TAMPA LEGALITAS, Tapi Kami sangat Merasa Aman dan nyaman Dalam Beraktifitas dan Tanpa Berurusan Dengan APH, candanya sambil tersenyum.


    Dalam Hasil Pantauan Wilayah Tambang Rakyat ini Berjarak hanya 2 KM Dari Pemukiman Desa, dan wilayah Tersebut Berdampingan Dengan Lokasi Perusahaan PT. TANSRI MAJID ENERGI, yang hingga sa'at ini vakum dan Tidak Beroperasi. 


    Tampak Masyarakat Melaksanakan Pekerjaan nya masih secara Manual dan Rutinitas Masyarakat Mulai Dari jam 08.00 hingga sore Hari. Dan Dilihat Dari Lokasi Tambang Ini Desa Tambang saweak merupakan Desa yang masih Menyimpan potensi yang Luar Biasa, dan Mirisnya lagi  Pemerintah Setempat dan Belum adanya Pemmbina untuk masyarakat Tambang tersebut.                     


     (Alex bala Dewa/Admin)

    Komentar

    Tampilkan