-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Lahan Tidur dan Tidak Produktif di Bantaran Sungai Desa Karang Anyar, di Manfaatkan Warga Dengan Alat Berat Mencetak Sawah

    Metronewstv.co.id
    Friday, October 6, 2023, 08:07 WIB Last Updated 2023-10-06T01:07:16Z


    DELI SERDANG
    , - Tanah yang ada di bantaran sungai milik BWS yang di garap warga terletak di dusun satu timur desa karang anyar kecamatan beringin kabupaten deli serdang, kedepan akan menjadi lahan persawahan dan pertanian Rabu 4 Oktober 2023 sekira pukul 17.00 Wib. 


    Dampak dari Bandara Kuala Namu dan banyaknya Warga pendatang yang bekerja dan berusaha di kecamatan beringin  sekitarnya dengan berpindah domisili di kecamataan beringin sangat pesat.


    Terbukti dari lahan lahan persawahan yang di jadikan Deplover untuk pembangunan perumahan. Kecamatan beringin semasa Dulunya sala-satu lumbung padi yang ada di kabupaten deli serdang,namun  tidak bisa di pertahankan karena banyaknya  permintaan masyarakat, Sehingga yang dulunya sawah-sawah pengairan dan mengharapkan hujan,sekarang sudah beralih Fungsi menjadi perumahan-perumahan.


    Padahal dulunya Hampir seluruh dusun atau gang  banyak lahan persawahan,sudah di banyak ditimbun dan beralih fungsi menjadi perumahan.


    Awak media mendapat informasi dari warga terkait adanya  penggalian dan  pemetakan sawah dengan memakai alat berat,dengan adanya lahan penggalian dan di bentuk cetak sawah, nanti nya masyarakat akan lebih mudah menanam padi di sekitaran bantaran sungai, 


    Pantauan awak media di lokasi adanya alat berat yang bekerja membuat pemetakan sawah membenarkan informasi tersebut, awak media juga bertemu beberapa warga penggarap dan  mengkonfirmasi warga tersebut. Warga tersebut membenarkan adanya penggalian lahan tidur dan tidak produktif menjadi sawah- yang  bisa di tanami padi.


    Lanjut.warga yang berinisial Joko juga memberikan penjelasan kepada awak media,Sawah lebih menguntungkan petani. Apalagi saat ini harga beras sudah mencapai 14 ribu perkilo gram sangat sulit bagi kami penggarap ini.


    Makannya kami yang meminta bantuan alat berat untuk menggali tanah dan di bentuk menjadi cetak sawah, dan nanti nya kami akan bercocok tanam, terutama Padi. Ucap salah satu warga. 


    Saat ditanya harapan bapak kepada pemerintah setempat, agar Pemdes dan Camat Beringin ikut peran serta membantu dalam pengadaan pupuk bersubsidi,agar kedepan nya tanah garapan kami yang akan kami tanami padi, nantinya akan menjadi lumbung padi di kecamtan beringin. Ucap  salah satu warga. 


    Salah satu Tokoh Pemuda dan juga anggota Komite Wartawan Republik Indonesia(KWRI) Deli Serdang berinisial M membenarkan adanya penggalian lahan dengan membuat pemetakan sawah tepat nya di dusun satu desa karang anyar. Dengan adanya lahan pemetakan sawah tersebut, Pemdes bisa terbantu dalam membuat program ketahanan pangan (Ketapang) Ucapnya. 


    Sampai berita ini di turun, ucapan terima kasi dan apresiasi di ucapkan salah satu warga, semoga dengan adanya Penggalian lahan dengan membentuk cetak sawah  terus berjalan, semoga para petani di kecamatan beringin tidak kehilangan mata pencarian nya, dengan adanya lahan garapan yang digali menjadi Cetak Sawah. 


    (Hartono/Admin)

    Komentar

    Tampilkan