-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Kantor Desa Merupakan Tempat Pengaduan Masyarakat, Juga Tempat Pelayanan Keperluan Surat-Surat yang Dibutuhkan Oleh Masyarakat

    Metronewstv.co.id
    Friday, October 6, 2023, 10:42 WIB Last Updated 2023-10-06T04:08:53Z

    Lebak, - Saat ini Kualitas pelayanan menjadi salah satu kriteria apakah seorang pemimpin dicintai rakyatnya, atau pun tidak. Baik itu pelayanan yang berkenaan langsung dengan masyarakat, maupun yang bersifat administrasi. 


    Tetapi Pada Pelayanan di Desa Wanasalam Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak Banten Warga Menilainya Buruk Sehingga Warga yang sangat membutuhkan Respon Cepat Disaat kondisinya yang sangat mendesak untuk meminta tanda tangan demi syarat kepengurusan BPJS kematian Namun Pelayananan Kepala desa wanasalam mengulur waktu hingga empat jam Lamanya.


    Berawal dari Laporan warga Kemudian Awak media ini langsung Menjumpai kantor desa wanasalam Guna Memastikan informasi Tersebut Saat Awak media ini Tiba di kantor desa Ternyata Benar Bahwa Kepala Desa Tersebut Kebetulan Saat Tidak berada di kantor desa


    Meskipun Dalam konteksnya Kepala Desa itu tempat pengurusan juga pelayanan dari masyarakat pada saat jam kerja sampai batas jam kerja selesai yang telah ditentukan dari pemerintah.


    Tetapi Lain halnya Terjadi di desa Wanasalam,Kecamatan Wanasalam,Kabupaten Lebak Banten dari pantauan Media Metronewstv.co Saat Menjumpai Kantor Pemerintah desa Wanasalam Tidak ada Staff Desa Juga Kepala Desa Entah Kemana Saat itu Masih jam kerja Dinas yakni Jam 11.15 Wib Pada Hari Kamis,5 oktober 2023.


    Kondisi ini membuat masyarakat yang akan mengurus surat-surat atau pengaduan tidak bisa mengurusnya,dikarenaka kepala desanya tidak Berada di Kantor desa Pada Jam Kerja Sehingga Kesulitan Warga Mendapat kan Pelayanan yang Baik itu sulit


    Kemudian warga Desa Wanasalam berinisial RN menyampaikan kepada wartawan,Saat Dirinya Hendak Mengurus Surat Kematian Untuk istrinya Guna syarat mengurus Bpjs kematian Lantaran Waktunya Mendesak Surat Tersebut hanya bisa di tanda tangani Oleh Kepala Desa Langsung Namun Warga Menyesalkan Setelah Tiga Jam Menunggu kepala desa tak kunjung datang Tentu Hal ini di nilai Bahwa Terkait Pelayanan di desa wanasalam ini Terkesan Cuek Akibatnya, banyak pelayanan untuk masyarakat yang sering terganggu.


    "Bagaimana pelayanan bisa maksimal kalau Kepala Desa nya aja Jarang di kantor desa Kami sebagai masyarakat sangat menyayangkan sekali terhadap kinerja Pemdes ini Masalah nya Surat ini penting bagi saya soal nya untuk mengurus BPJS Kematian,"ucap seorang warga inisial RN kepada Wartawan,5 Oktober 2023.


    Sementara itu itu Salah Seorang Pegiat Sosial Kontrol yang Kerap Di Sapa Koer menyayangkan jika Kepala Desa Tidak Berada di kantor desa Pada Saat jam kerjanya Menurutnya bagaimana pelayanan bisa maksimal kalau seperti itu???


    “Pelayanan publik seharusnya jangan sampai terhambat, namun masih saja ada kantor desa yang tanpa Kepala Desa juga Staff Desa di saat jam kerja kantornya Bagaimana pelayanan publik ini bisa maksimal", ujarnya 


    Lanjut Khaerudin / Koer mengatakan Kepada Wartawan Metronewstv.co jika seperti ini terus maka bupati harus memberikan teguran baik secara lisan maupun tulisan agar kepala desa bisa maksimal untuk melakukan pelayanan publik. 


    "Sangat disayangkan jika kantor desa Sering Seperti ini bagaimana pelayanan publik bisa maksimal kalau seperti ini Saya meminta Kiranya Kepada Bupati Lebak ini bisa memberikan teguran  atau sanksi jika ada pelayanan Publik yang Mengabaikan Masyarakat ini di kantor desa tempat masyarakat Mengadu,"sambungnya


    Lebih jauh dirinya memberi kritikan keras dan menyoroti kinerja kades Wanasalam Soal warga yang mengeluhkan kepala desa yang dinilai sering berada di luar kantor saat jam kerja. Akibatnya, keinginan warga untuk mendapatkan pelayanan lebih dekat berbanding terbalik dengan harapan mereka. Lantas ada apa, camat, Inspektorat, dan BKD hingga Bupati terkesan ‘diam’ terhadap keluhan masyarakat ini, setidaknya dalam hati kecil, warga masih menaruh harapan besar akan ada perubahan di Kelurahan desa wanasalam khusus nya kecamatan wanasalam,"lanjut koer


    Kemudian ia mengharapkan seluruh kepala Desa khususnya di kecamatan Wanasalam pelayanan publik harus Cepat agar bisa maksimal. 


    "Kami berharap, semua kepala desa selalu mengikuti aturan yang ada dan selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hingga jam kerja selesai,"imbuhnya


    Kemudian Awak media ini Mencoba Melakukan Confirmasi Atas Keluhan warga Yang Sudah menunggu Selama tiga jam Tadi  Dikarenakan Kepala desa Tidak dapat di Temui pada kantor desanya kebetulan Exbang Desa ibu Roheti Baru Saja Selesai melaksanakan Rapat Bersama Pihak camat wanasalam Saat di Tanya Keberadaan kepala desa Roheti Mengatakan kepada wartawan,


    "Saya gak tau tadi pagi ada disini saya kan tadi rapat sama camat kalau soal ini udah beres pak cuma ini aktenya ketinggalan di desa Coba Tlp Orang nya apa yang di perlukannya,"kata Ekbang Desa


    Kemudian Awak media ini Mencoba Kirim pesan kepada kepala desa wanasalam Melalui via whatsap Guna Membantu warga yang Menunggu kepala desa tersebut Kemudian kepala desa membalas pesan singkat awak media ini Sebagai berikut


    "Atos tadi,"jawab singkat kepala desa


    Sementara Pria yang saat itu Berada di Kantor Desa Saat awak media ini Tanya Soal keberadaan kepala desa Pria tersebut Seolah bersikap cuek yang asyik Bermain Hp Tanpa Peduli Dengan Tamu yang datang Penulis menyimpulkan Atas Hal ini harus menjadi perhatian Camat Wanasalam kabupaten lebak.


    Untuk di ketahui Mengingat Bahwa Pelayanan Desa Tentunya memiliki berbagai manfaat penting bagi masyarakat dan pemerintah desa, antara lain,Selain Mempercepat nya Proses pelayanan Terhadap masyarakat Serta surat keterangan lainnya Hal ini tentu untuk menghindari birokrasi yang rumit dan mempersingkat waktu tunggu masyarakat dalam mendapatkan dokumen penting


    Terakhir,Kharudin/ Koer Memaparkan Bahwasanya Terkait pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik itu tidak hanya menguatkan partisipasi masyarakat tapi lebih dari itu Dirinya meminta Pemerintah desa Tersebut agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan,dinilainya sudah seharusnya penyelenggara pelayanan dapat memahami dan menerapkan secara sungguh-sungguh semua ketentuan yang berlaku dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik sebagai cerminan bahwa pemerintah ini benar-benar hadir untuk melayani masyarakatnya Serta dapat di rasakan oleh masyarakat adanya pemerintah desa ini,"pungkasnya mengakhiri


    (Iyank_dian/Admin)

    Komentar

    Tampilkan