-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Diduga Proyek Jalan Hotmix Aspirasi Dewan Di desa Cisarap Kecamatan Wanasalam Tabrak Undang Undang KIP

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, October 18, 2023, 10:56 WIB Last Updated 2023-10-18T03:56:52Z

    Lebak, - Maraknya pelaksanaan pekerjaan proyek bersumber dana dari Aspirasi DPRD Kabupaten Lebak Provinsi Banten tanpa memasang papan informasi di lokasi pekerjaan,Hal ini membuat masyarakat bertanya-tanya, Selasa (17/10/2023).


    Adanya pelaksanaan proyek Hotmik di desa Cisarap yang barusan rampung tahapan pengerjaan, menurut informasi bersumber dari APBD melalui Aspirasi Dewan Tanpa Papan Informasi di lokasi Pekerjaan, dan sangat diragukan kualitasnya dan dipertanyakan beberapa rekan media dan warga Sekaligus Pengguna Jalan,Sebagai Penerima Manfaat,


    Pasalnya pekerjaan Hotmik di Desa Cisarap Kecamatan Wanasalam disinyalir adanya kejanggalan seperti papan informasi yang tidak terpasang dan juga bangunan yang sudah rampung beberapa hari sangatlah diragukan kualitasnya karena batu aspal Hotmix tersebut terkelupas ketika di korek pakai jari apalagi pengerjaan tersebut memakai pihak ketiga untuk pengerjaan tersebut, tetapi sangatlah disayangkan CV yang memborong tidak ada yang mengetahui dan anggaran berapa yang dikeluarkan untuk pembangunan Jalan Desa Cisarap dan juga panjang, lebar dan volume tersebut.


    Padahal setiap Proyek harus terpasang Papan Informasi karena memudahkan warga untuk mengetahui besaran anggaran yang di keluarkan, apalagi proyek Hotmik tersebut di ajukan oleh Aspirasi Dewan tetapi pihak pelaksana dan CV tersebut yang mengerjakan tidak memasang papan informasi, karena setiap proyek aspirasi dewan, baik dari APBN Banprov ataupun APBD harus terpapang Papan Informasi di lokasi proyek, biar masyarakat tau anggaran yang dikeluarkan.


    Awak Mediapun mengkonfirmasi Kepala Desa Cisarap, Jumra melalui saluran Whatsapp mempertanyakan terkait pembangunan Hotmik yang tidak memasang Papan Inpormasi menuturkan, dirinya tidak mengetahui besaran anggaran yang di keluarkan dan CV apa yang mengerjakannya.


    "Berkaitan pembangunan hotmik itu dari APBD dari dana aspirasi saya juga tidak tau anggaran nya berapa dan tidak tau pemborongnya CV apa...," jawab kades melalui Whatspp.


    Awak mediapun mempertanyakan terkait Volume yang dipakai, jawabnya, Hanya itu saja 450 meter, "Maaf kalau ingin lebih jelas tinggal tanyakan saja sama Pak dewan Solehnkarena pembangunan tersebut dari aspirasi beliau," ujarnya.


    Hal ini, menjadi sorotan aktivis Lebak selatan, sebagai lembaga kontrol sosial, saat di lokasi, Mas'ud, mengatakan Kepada Wartawan


    "Seharusnya pihak Anggota Dewan pemberi aspirasi menegur keras dan bersikap tegas kepada oknum kontraktor serta dinas terkait, yang dalam melaksanakan pekerjaan tidak memasang papan Informasi, apalagi pekerjaannya dari Aspirasi partai Golkar yang diduga asal asalan dan asal jadi saja, dan diduga tidak sesuai RAB (Rencana Anggaran Biaya)," tegasnya.


    "Ini jelas menyimpang dari Keterbukaan Informasi publik (KIP) Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara, wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana, serta nilai kontrak, dan jangka waktu pengerjaannya," tambahnya.


    Masih Kata Mas'ud mengatakan,"Karena setiap proyek Aspirasi dewan, baik dari ABPN, Banprop ataupun APBD tersebut, harus terpampang papan informasi di lokasi proyek saat kerjaan itu dimulai, biar Publik tahu, khususnya masyarakat Cisarap,"sambungnya


    Atas Persoalan ini, lanjut Mas'ud, "Masih banyak ditemukan di lapangan. Meski sudah sering dipersoalkan oleh publik, sepertinya Perpres itu tidak berlaku di Proyek Aspirasi tersebut. Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama diduga indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya,"Pungkasnya


    Sementara terkait adanya sorotan warga, hingga berita ini diturunkan pihak pelaksana proyek belum dapat dikonfirnasi karena keberadaannya belum diketahui dan tanggapannya akan disampaikan dalam berita lanjutan


    (iyank_dian/Admin)

    Komentar

    Tampilkan