-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Bencana Alam di Desa Hilianaa Gomo, Kades Sampaikan Adanya Hibah, Kepada Wabup Nias Selatan

    Tuesday, October 17, 2023, 10:07 WIB Last Updated 2023-10-17T03:07:16Z


    Gomo
    , - Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH, MH didampingi Kadis PUPR Gayus Duha, S.Pd dan Kalaksa BPBD Arozatulo Maduwu, S.Pd hari ini meninjau lokasi kejadian bencana alam di Desa Hiliana'a Gomo Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan, (Senin, 16/10/2023).


    Kades Hiliana'a Gomo Yurmin Telaumbanua,  menyampaikan bahwa untuk kegiatan perbaikan jalan dan normalisasi sungai sudah ada hibah tanah dari masyarakat sehingga tidak ada kendala dari segi ketersediaan lahan. Juga untuk pemindahan tiang listrik, masyarakat setempat bersedia memberikan tanahnya untuk kebutuhan tersebut. 



    Bencana alam yang terjadi di Desa Hiliana'a Gomo pada hari Minggu tanggal 15 Oktober 2023, diakibatkan karena banjir luapan Sungai Gomo dimana alirannya telah bergeser menerjang sisi jalan dan mengakibatkan badan jalan amblas sehingga tidak dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. 


    Jalan tersebut merupakan satu-satunya penghubung dari Kecamatan Gomo ke Kecamatan Boronadu. Selain terputusnya akses jalan, tiang listrik dan trafo dilokasi kejadian juga ikut terseret arus banjir dan  mengakibatkan aliran listrik lumpuh total di sepanjang jalan menuju Kecamatan Boronadu.


    Di lokasi kejadian,  Wabup Firman Giawa menyampaikan bahwa bencana alam ini disebabkan oleh ulah manusia yang melakukan penebangan pohon sembarangan terutama di sekitar hulu sungai dan pengambilan material sungai di tempat yang sudah dilarang sebelumnya. Selanjutnya, Wabup memerintahkan Kadis PUPR untuk menyiapkan RAB pada hari ini juga untuk rencana pembuatan bronjong agar jalan dapat dilalui kendaraan serta rencana untuk normalisasi Sungai Gomo, dan meminta kepada Petugas PLN (Roisman Ndruru) yang turut hadir di lokasi untuk segera membenahi tiang dan jaringan listrik di daerah itu agar aliran  listrik bisa kembali normal. 


    Hadir pada kesempatan itu, Camat Gomo dan staf, Camat Boronadu dan staf, Kapolsek Gomo, Koramil Gomo, Sekretaris dan staf Dinas PUPR,  staf BPBD dan Pers.


    Saron.T/admin

    Komentar

    Tampilkan