-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Anggota DPR - RI Komisi VII Ngobrol Pendidikan Islam di hotel Triza Painan

    Metronewstv.co.id
    Friday, October 13, 2023, 08:32 WIB Last Updated 2023-10-13T01:32:05Z

    Painan, - Anggota DPR - RI Komisi VIII dari Fraksi Partai Amanat Nasional  H.Asli Chaidir, SH Ngopi ( Ngobrol Pendidikan Islam) dengan tema "Strategi mengwujudkan Kemandirian Islam Menuju Kemandirian dan Berprestasi " di hotel Triza Painan,  Kamis 12 Oktober 2023.


    Dalam pertemuan ngopi tersebut dihadiri oleh Anggota DPR- RI  Komisi VIII H.Asli Chaidir, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan DR. Naharudin, M.H, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan H. Abrar Munandar, M.Ag, Calon Anggota DPR-RI  H. Dean Asli Chaidir, SIP,  Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Ormas Islam dan seluruh kepala Madrasah yang ada di Pesisir Selatan.


    Sebelum acara dimulai diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran.


    Selanjut acara dilanjutkan dengan sambutan - sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Kepala Kementerian  Agama Kabupaten Pesisir Selatan H. Abrar. M, dalam sambutanya Abrar menyampaikan ucapan terima kasih kepada H. Asli Chaidir, SH yang telah hadir  ke Pesisir Selatan untuk memberikan pencerahan kepada Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan dan juga ucapan terima kasih  disampaikan kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan DR. Naharudin, MH


    Dalam sambutanya Abrar menyampaikan program - program Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dan sekaligus prestasi yang di peroleh oleh  Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan, harapan dari "Abrar" masyarakat Pesisir Selatan untuk dapat meningkatkan ketaqwaan dan ke Imanan kepada Allah SWT dan sekaligus dapat besinergi dengan perkembangan agama Islam dengan tema


    "Strategi mengwujudkan Pendidikan Madrasah yang Mandiri dan Berprestasi, dalam akhir sambutannya  Abrar  menyampaikan permohonan maaf bila ada kesalahan dan kekilafan dalam penyambutan,  tidak ada gading yang tak retak,  tidak ada tupai yang tak gawa,  sesungguhnya kebenaran itu dari Allah SWT "kata Abrar".


    Selanjutnya sabutan disampaikan oleh Kepala Kanwil  Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat  yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan DR. Naharudin,MH dalam sambutannya Naharudin mengucapkan terima kasih kepada H.Asli Chaidir Anggota DPR-RI Komisi VIII dari Fraksi Partai Amanat Nasional yang merupakan mitra kerja dari Kementerian Agama, kalau  Kementerian agama  meminta Anggaran adalah tugas dan fungsi H. Asli Chaidir kata "Naharudin", disamping itu Naharudin juga menyampaikan  pentingnya Strategi Mengwujudkan Pendidikan Madrasah yang Mandiri dan Berprestasi.


    Selanjutanya sambutan disampaikan oleh  H.Asli Chaidir, beliau menyampaikan kepada hadirin yang hadir kita perlu menyamakan presepsi tentang "Stategi Mengwujudkan Pendidikan Madrasah yang Mandiri dan Berprestasi, disela sambutannya Asli Chaidir juga menyampaikan kepada hadirin yang hadir bahwa dulu Sekolah Madrasah dianggap oleh orang  tua sebagai sekolah perlarian  dan sekarang  banyak orang tua yang memasukan anaknya ke sekolah madrasah, ini bertanda  bahwa orang sekarang telah paham dengan sekolah pendidikan madrasah, "kata H. Asli Chaidir", Sekarang ketersedian terhadap anggaran untuk madrasah di Sumatera Barat  sama  standarnya dengan madrasah yang ada di Jakarta,"kata H.Asli Chaidir.


    Dikesempatan yang berbahagia itu H. Asli Chaidir memperkenalkan putranya H. Dean Asli Chaidir kepada hadirin yang hadir,  dalam kesempatan itu H. Dean  memperkenalkan diri di tengah - tengah  hadirin yang hadir dan sekaligus sebagai nara sumber dengan tema "Strategi mengwujudkan  pendidikan madrasah yang mandiri dan berprestasi dalam penyampaiannya H. Dean  meng ilustrasikan  penelitian dari ilmuwan  Tomas Standly  dalam bukunya yang berjudul 100 kunci sukses anak - anak yang berhasil didunia salah satunya adalah orang Islam  dan begitu juga dengan  ilmuwan Kristiani Maichal heart dalam bukunya yang berjudul 100 orang yang berpengaruh  didunia yang pertama dikatakannya adalah Nabi Muhammad SAW. 


    Disela - sela pembicaraan H. Dean mengatakan kunci sukses dalam kehidupan ada empat yaitu, Sidiq artinya sama dengan Jujur, Amanah artinya sama dengan di percaya,  Fatonah artinya sama dengan Ilmu dan Tabliq artinya sama dengan menyampaikan.  


    Selanjutnya acara dilanjutkan  dengan  dengan  pemaparan "Strategi mengwujudkan Pendidikan Madrasah yang mandiri dan Berprestasi, sebagai nara sumber Kijal Tanjung  adalah salah seorang tokoh Muhammadiyah Sumatera Barat  yang telah  berpengalaman dalam bidang pendidikan  dan banyak memberikan solusi serta gagasan yang konstruktif  untuk kemajuan pendidikan di Sumatera Barat, ada beberapa hal yang menjadi catatan yang disampaikan oleh kijal antara lain Nikotomi dengan maksudnya adalah memisahkan pendidikan  umum dengan pendidikan agama domenya ada 3 (tiga)  "kata kijal" yang pertama aspek konitif mencerdaskan anak - anak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan,  yang kedua Aspek Psikomotorik yang berkaitan dengan skil dan keterampilan dan yang ketiga adalah menumbuhkan tras atau kepercayaan bahwa sekolah madrasah sangat penting  untuk mengantarkan  anak - anak kita  ke jalan yang  di Ridhoi oleh Allah SWT baik dunia maupun akhirat.


    (Alp/Enik.SH)

    Komentar

    Tampilkan