-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Tradisi Kanduri Blang Kanduri Dari Masa ke Masa di lhoksukon

    Metronewstv.co.id
    Monday, September 18, 2023, 13:41 WIB Last Updated 2023-09-18T06:41:00Z


    KABUPATEN ACEH UTARA
    , - di Gampong Tengoh Lt kanduri blang, Sudah merupakan dradisi yang dari masa ke masa di lhoksukon Aceh utara setiap tahunnya mengadakan kanduri blang. Senin, 18/9/2023.


    Masyarakat menasah tengoh Lt. kecamatan Lhoksukon Aceh utara setiap musim tanam yang sudah mengambil kesempatan 2 kali dalam 1 tuhun,  pada awal akan rencana turun kesawah diadakan kanduri dengan memohon ridha dari pada Allah SWT. untuk memulai turun ke sawah semoga mendapat ridha Nya dijauhkan dari segala mara bahaya yang tidak diinginkan.


    Setelah mengadakan kanduri makan bersama dan diteruskan dengan berdoa masyarakat kampung dilarang mengerjaka sesuatu apapun di sawah (pantang) selama 3 hari. kemudian setelah patang yang dimajsud masyarakat mengerjakan lahan pertaniannya apa yang mungkin dikerjakan.


    Antusias bermacam bagai cara kegiatan pembajakan baik dengan cara manual atau traktor yang didatangkan dari luar daerah ataupun traktor yang ada di daerahnya.Sehingga siap tanam.


    Kemudian menunggu dengan sabar sambil perawatan tanaman padi hinga tanaman terurus dengan sempurna.


    Lama kelamaan hingga umur tanama lebih kurang 3 bulan tanaman padi berkembang dengan baik sebagai mana harapannya. Tibalah waktunya tanaman padi berbunga atau dengan istilah masyarakat (buteng pade). seluruh masyarakat yang melihat tanaman dimaksud dengan senang hati.


    Tgk. Imam gampong (Tgk. Amiruddin) membuat perencanaan untuk menadakan kanduri syukuran dengan mengabarkan kapan waktu yang di jadwalkan untuk mengadakan kanduri syukuran dimaksud.


    Mengundang ustaz- ustaz tokoh - tokoh tetangga tetangga kapung  untuk menghadiri acara syukuran di maksud dengan cara berdoa sebelumnya atau membaca surat surat Yaasinn.... kemudian di sajikan makanan makanan yang ada secara meriah dan hidmat. terus diberi tahukan setelah kanduri dimaksud selama 3 hari pula dilarang untuk mengerjakan apa saja di area persawahan ( pantang) dengan meng harap ridha dari Allah SWT.dijauhkan dari segala penyakit padi yang biasanya terjadi selain perawatannya dengan alat alat pertanian yang ada  seperi racun hama dan lain lain sebagainya. Dengan harapan hasil panen melimpah. 


    Penulis : Mahyidin

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan