-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Saka Wanabakti Malingping Kontributif, Imajinatif, Solutif

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, September 6, 2023, 13:29 WIB Last Updated 2023-09-06T06:29:12Z


    LEBAK
    , - Dalam rangka memperingati HUT Satuan Karya Pramuka (SAKA) Wanabakti Ke- 40 Tahun 2023.  Satuan Karya Pramuka (SAKA) Wanabakti Malingping kembali menggelar Kegiatan bertajuk Wanabakti Scout Challange IV Tahun 2023 (WSC C-4. 2023) Tingkat Penggalang & Penegak Se- Lebak Selatan, Dengan mengusung tema “Kontributif, Imajinatif, Solutif". Bertempat di SMAN 1 Cijaku. Lebak – Banten. Minggu (03/09/2023).


    Ali Rijwan selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, WSC season 4 ini merupakan ajang kejuaraan Pramuka tahunan yang pertama kali diselenggarakan di 2018. Namun, kejuaraan tingkat penggalang baru digelar 2 kali yaitu edisi kali ini dan edisi sebelumnya, Jumlah peserta yang berpartisipasi merupakan perwakilan dari 5 kecamatan dikawasan Lebak Selatan juga dengan antusiasme yang tinggi menjadikan kejuaraan ini bergengsi setiap edisinya.


    "Ada beberapa cabang perlombaan dengan giat lomba diantaranya : Bank Soal, Kreasi Pioneering, Kreasi Yel-yel, Sandi Morse Smaphore (SMS), Kreasi Baris-berbaris, Konten Inspiratif, dan Busana Limbah. Pada Giat Lomba tersebut memiliki tujuan untuk melatih kreasi & inovasi Anggota Gerakan Pramuka khususnya, juga sebagai ajang memperkuat asas solidaritas sesama anggota. Serta melatih ketangkasan dan sebagai pengenalan materi-materi di Wanabakti,” tuturnya.


    Selanjutnya, Hendrik Arrizqy selaku Ketua Dewan SAKA Wanabakti menyampaikan, Bahwa ada kesamaan pada gelaran WSC C.4 ini,  dimana penyelenggaraan sama seperti edisi sebelumnya yakni dilaksanakan dibulan September. 


    "Sejatinya pelaksanaan WSC C-4 akan digelar pada bulan Desember mendatang bertepatan dengan HUT SAKA WANABAKTI tanggal 19 Desember. Namun, imbas dari padatnya agenda-agenda kepramukaan dari tingkat ranting, cabang, hingga daerah membuat  Dewan SAKA sedikit berinisiatif agar WSC C-4 ini tetap dilaksanakan dibulan september" tuturnya.


    Dirinya melanjutkan, kita harus memahami kembali sifat-sifat kepramukaan secara umum yaitu : Nasional, Internasional, Universal. Nasional dalam arti Gerakan kepramukaan telah diamanatkan secara hukum merupakan pendidikan dasar dalam hal menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme bagi masyarakat Indonesia secara umum, hal tersebut tertuang dalam UU No. 12 Tahun 2010. Kemudian makna secara internasional, bahwa kepramukaan telah hadir di berbagai negara disesuaikan dengan kultur dan kebudayaan masing-masing. Serta Universal, dalam pengertian diberbagai kalangan menandakan Gerakan Pramuka dapat diikuti kapan/dimana saja dan oleh siapa saja. Relevansi dengan tema yang diangkat bahwa setiap anggota gerakan Pramuka harus siap berkontribusi dalam aspek apapun. Dan mampu mengembangkan imajinasi bagi pengembangan diri  kearah yang lebih baik, serta dapat memberikan solusi-solusi yang membangun bagi gerakan Pramuka diwadah keorganisasian masing-masing. Terangnya


    Sementara Kak Hilmi, Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Cijaku, mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Wanabakti Malingping di kecamatan Cijaku. 


    "Wanabakti Ranting Malingping menjadi pelopor bagi kepramukaan di Cijaku agar lebih aktif dalam mengembangkan Satuan Karya, mengingat Kwarran cijaku yang masih dalam tahap transisi selepas pergantian kepengusan diharapkan kedepannya agar dapat bekerjasama secara terus-menerus". Imbuhnya.


    Alhasil Gelaran WSC C-4. 2023, SMAN 1 CIJAKU selaku tuan rumah berhasil menjadi juara umum dan melahirkan sejarah baru ditingkat penegak, adapun juara pavorit diraih oleh SMAN 2 MALINGPING.


    Sementara di tingkat penggalang juara umum diraih oleh MTs. DAAR EL- ISHLAH, dan MTs. MAULANA YUSUF sebagai juara Pavorit.


    Perlu diketahui SMAN 1 CIJAKU menambah torehan baru dalam daftar juara WSC juga menorehkan predikat sebagai tuan rumah pertama kali yang mampu keluar sebagai juara umum sepanjang gelaran Wanabakti Scout Challange. 


    Menyusul SMKN 1 MALINGPING sebagai pemilik gelar juara diedisi 2018, SMAN 1 MALINGPING diedisi  2020,  dan SMAS. DAAR EL-ISHLAH diedisi 2022.


    Penulis : iyank_dian

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan