-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Plt Bupati Pemalang, "upayakan Jangka Pendek Mencari Tempat Pembuangan Sampah Selain di Pesalakan

    Friday, September 8, 2023, 22:32 WIB Last Updated 2023-09-08T15:32:27Z


    Pemalang
    , - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T meninjau sisa kebakaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Dusun Pesalakan Pegongsoran Kecamatan Pemalang, kabupaten Pemalang. 


    PlMansur Hidayat didampingi OPD terkait turun langsung ke lokasi untuk menanggulangi musibah kebakaran di TPA yang dekat dengan pemukiman penduduk.


    “Kita Pemerintah tidak tinggal diam, kita sudah berupaya mencari tempat selain di Pesalakan di daerah yang lain,” hal tersebut disampaikan Mansur Hidayat saat berada di lokasi TPS Pegongsoran, Jumat, (8/9/2023).


    Orang nomor satu di Pemkab Pemalang itu di lokasi kejadian dan mengajak semua stakeholder dan masyarakat untuk bekerjasama mengatasi musibah tersebut, upaya keroyokan ini menurut Mansur Hidayat harus dilakukan karena untuk mengatasi musibah kebakaran yang terjadi tidak hanya tim Pemadam saja dan lebih mungkin untuk segera teratasi apabila dilakukan bersama dengan banyak satuan unit kerja. 


    Secara singkat namun mudah dipahami pria asal Moga tersebut memberikan arahan kepada Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemalang agar mengawal terus proses penyelesaian musibah tersebut.


    "Sejumlah upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut sudah dilakukan Pemkab Pemalang bahkan pihaknya telah menggandeng investor dari Australia".


    Menurut Mansur Hidayat pihaknya tertarik dengan tawaran yang diajukan investor Australia tersebut karena Pemkab hanya menyediakan tempat saja dan semua anggaran dari pihak investor.


    “Kita hanya menyediakan tempat, pembiayaan semua dari sana tidak mengganggu APBD . kalau ada peluang seperti itu kenapa tidak kita tangkap itu peluang yang bagus sekali kalau bisa tempat/pabriknya disini sehingga semua ini akan habis menjadi briket sampah dan itu bisa di ekspor ke luar negeri sehingga permasalah sampah yang menggunung ini bisa habis. Itu rencana jangka menengah panjang,” ungkap Mansur Hidayat. 


    Sedangkan untuk upaya jangka pendek, pihaknya saat ini sedang mencari tempat pembuangan sampah selain di Pesalakan namun hal itu butuh waktu satu (1) hingga tiga (3) bulan untuk memperoleh ijin dari pusat.


    Dalam kesempatan itu, Plt Bupati juga menyampaikan pesan kepada warga setempat untuk tetap bersabar karena Pemerintah secara bergotong royong saat ini sedang berupaya menyelesaikan masalah tersebut, semua sumber daya yang ada sudah dikerahkan, bahkan dari Baznas juga sudah memberikan bantuan guna mendukung keperluan dapur umum yang telah didirikan sejak hari Kamis kemarin.


    “Potensi dan sumber daya yang ada Pemerintah bareng bareng TNI, Polri juga semua membantu kita", tidak ada yang meninggalkan Pesalakan. 


    Tolong sampaikan kepada warga masyarakat, kita hadir semua di sini untuk menyelesaikan permasalahan sampah ini,” pesan Mansur Hidayat. 


    Kebakaran sampah yang terjadi di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Dusun Pesalakan, Desa Pegongsoron, Pemalang, membuat warga setempat mengeluh karena asap tebal yang menyelimuti kawasan itu mengganggu aktifitas mereka.


    Kami mendengar keluhan akibat dari musibah kebakaran yang terjadi sudah sepekan, hal ini membuat Pemkab Pemalang bergerak cepat guna mengatasi musibah tersebut, pungkas Mansur Hidayat. 


    Penulis : Eko B Art

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan