-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Petani di Desa Kerta Mengucapkan Terima Kasih Kepada PUPR (BBWS C3) yang Sudah Bangun Saluran Irigasi P3A

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, September 6, 2023, 13:41 WIB Last Updated 2023-09-06T06:41:26Z


    Lebak
    , - Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) BBWS C3 di terima dan dilaksanakan oleh Kelompok Tani P3A Mitra Cai Padasuka Berkah Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari Kabupaten Lebak Banten, yang mendapat Apresiasi oleh warga masyarakat petani sekitar. Rabu (06/09/2023).


    Diketahui proyek pengerjaan Daerah Irigasi (DI) Cikuruluk P3TGAI didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Dinas PUPR Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau - Ciujung - Cidurian (BBWS C3) dengan Nilai Kontrak Rp.195.000.000 Tahun Anggaran 2023.


    Seperti yang disampaikan oleh beberapa Petani Yakni Juhemi Dan Apik,yang merasakan sawah mereka mendapatkan Bangunan Irigasi dirinya sangat mengapresiasi dan berterimakasih Kepada PUPR Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau - Ciujung - Cidurian (BBWS C3) melalui Kelompok P3A TGAI Mitra Cai Padasuka Berkah Desa Kerta dengan adanya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dirinya menilai petani sangat terbantu untuk sirkulasi air, masuk dan keluar nya air ke persawahan dapat di atur dengan baik.


    "Apalagi sebelum dibangunnya irigasi ini kami kesulitan membuang air harus melalui pesawahan warga yang di bawah sehingga sering ada cekcok, sekarangmah ketika sudah di bikin saluran Irigasi kami bisa masukan air dan membuang langsung ke irigasi.


    “Udah bagus ini, saya sangat mendukung kegiatan ini, kalau bisa dari ujung sampai ke ujung di bangun, biar warga petani dapat dengan mudah mengatur sirkulasi air sesuai kebutuhan, masuk dan keluarnya air ke persawahan dapat di atur dengan baik,” ujarnya.


    Ditempat terpisah Ivan Rivana selaku Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) menjelaskan, sasaran P3-TGAI adalah pemberdayaan P3A dalam kegiatan teknis perbaikan dan juga peningkatan jaringan irigasi. Perbaikan irigasi dilakukan untuk mengembalikan fungsi saluran atau bangunan irigasi.


    “Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, peserta yang hadir dapat memahami tugas dan juga tanggung jawab sehingga mampu menumbuhkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan dan peningkatan Jaringan Irigasi,” jelasnya.


    Sementara, Ketua Kelompok P3A Mitra Cai Padasuka Berkah Desa Kerta Jamaludin

    mengatakan, dirinya sangat berterima kasih Kepada PUPR Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau - Ciujung - Cidurian (BBWS C3) yang telah memberikan Program Irigasi Ini untuk memajukan Pertanian di Desa Kerta.


    "Karena Para petani pemakai Air sangat membutuhkan saluran irigasi ini, Karena di Desa Kami Baru mendapatkan Irigasi P3A dari kementrian PUPR BBWS C3 melalui Aspirasi Dewan yang salama ini kami nantikan supaya pembangunannya dirasakan oleh Masyarakat Khususnya para petani yang berada di wilayah aliran DI Cikuruluk, dan juga kepada rekan rekan di lapangan baik dari lembaga maupun rekan media, yang sudah memberikan masukan baik saran maupun kritikan, sehingga dapat mengevaluasi segala bentuk kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang berada di Desa Kerta ini.


    “Saya ucapkan terima kasih, Kelompok Tani P3A Mitra Cai Padasuka Berkah sudah mendapatkan bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI), dan untuk kualitas bangunan dan materil yang digunakan tentunya kita sudah komunikasikan dengan KMB, dan TPM baik material pasir, semen, ketinggian bangunan, bahwa tidak ada masalah dengan menggunakan merk semen tertentu, yang penting sudah Standar Nasional Indonesia (SNI), dan alhamdulilah pekerjaan Kami hampir rampung sudah mencapai 70% makanya kami sisakan belum semua kami Plester dan acian untuk memudahkan pemeriksaan pemeriksaan dari Pihak Balai,"Pungkasnya


    Penulis : iyank_dian

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan