-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Personil Polsek Talang Kelapa Cek Titik Hotspot di Lokasi Karhutla

    Saturday, September 16, 2023, 17:33 WIB Last Updated 2023-09-16T11:03:46Z

    BANYUASIN, - Mendapatkan informasi adanya titik hotspot kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Dusun IV Setia Harapan Desa Sungai Rengit Kecamatan Talang Kelapa, Personil Polsek Talang Kelapa Polres Banyuasin segera melakukan Patroli.

    Patroli yang dilakukan oleh Personil Padal Pengawas dan Pemantau Karhutla Polsek Talang Kelapa tersebut untuk melakukan pengecekan titik koordinat tempat yang di indikasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kamis (14/9) jam 05.30 WIB.

    Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini yakni AKP Marwijaya  bersama anggota Ipda Suherto, Aipda Rudi Santoso, Bripka Ahyadin SSos.i, Bripka Fitriansyah SH,

    Bhabinkamtibmas Desa Sungai Rengit Bripka Bambang S, Babinsa Desa Sungai Rengit Sertu Sulian, Kepala Dusun IV Sri Bagjo.

    Kemudian, Anggota BPD Sungai Rengit  Bambang Setio, Humas PT SIP Salman, Damkar PT SIP 10 sebanyak orang, Warga Masyarakat Peduli Api 11 orang, Damkar PT SLJ 10 orang, Anggota BPBD 7 orang, 1 pers Polri dan 1 pers TNI, dan Anggota Manggala Agni 5 orang.

    Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kasi Humas Polres Banyuasin Iptu Sutedjo saat dikonfirmasi membenarkan kalau Personil Polsek Talang Kelapa cek langsung ke lokasi titik Hotspot di Dusun IV Setia Harapan Desa Sungai Rengit.

    "Bermula adanya informasi kalau terjadi kebakaran hutan dan lahan di Dusun IV Setia Harapan Desa Sungai Rengit. Atas informasi ini Personil Polsek Talang Kelapa melakukan Pengecekan langsung ke lokasi titik Hotspot tersebut," ujar Iptu Sutedjo, Minggu (16/9).

    Menurut Sutedjo, untuk menuju ke lokasi tersebut petugas menempuh perjalanan 90 menit dari Mako Polsek Talang Kelapa, diperkirakan luas Lahan 50 hektare dan lahan yang terbakar 19 hektare.

    "Pemadaman dilaksanakan dengan menggunakan mesin pompa air sebanyak 5 unit, 1 unit mobil Damkar dari BPBD dan 1 unit mobil Damkar dari Manggala Agni. Sebagian besar titik api tidak bisa di jangkau untuk dipadamkan," jelas Sutedjo.

    Kata Sutedjo, dari keterangan petugas yang di lokasi kejadian, bahwa jenis tanah rawa lahan gambut dan kondisi lahan kebun sawit dan semak belukar, titik api dan lahan yang terbakar sudah mulai bisa dipadamkan, karena lahan gambut bara api masih ada di bawah permukaan tanah.

    Menurut Sutedjo, hambatan petugas di lapangan yakni kurangnya peralatan khusus yang bisa digunakan oleh Anggota dalam melaksanakan cek TKP Kebakaran Hutan dan lahan.

    "Untuk penyelidikan dengan dilakukan pemeriksaan pemilik Lahan, Kades, saksi-saksi, Pemasangan Police line, BB yang diamankan, tangkap pelaku, Gelar Perkara, dan Padam/proses pemadaman Api berangsur padam," beber Sutedjo.

    Adapun Titik Hotspot Latitude : -2.8153746, Longitude : 104.621154

    Lokasi Dusun IV Setia Harapan Desa Sungai Rengit Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

    Pada kesempatan itu petugas juga melakukan sosialisasi dan penyebaran maklumat larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Banyuasin.

    Kemudian melaksanakan giat Patroli Karhutla dengan pemerintah setempat dalam rangka mengantisipasi tempat - tempat rawan titik api agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

    "Melarang warga membuka hutan dan lahan dengan cara membakar serta, agar warga di musim panas atau kemarau dapat mewaspadai api dan kebakaran hutan dan lahan," pungkas dia.



    Penulis :  Alam

    Editor    :  Admin

    Komentar

    Tampilkan