-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Peringati Hardikda Ke 64, SMKN 1 Jeunieb Lakukan Penghijauan Dengan Menanam Pohon

    Admin
    Sunday, September 3, 2023, 20:46 WIB Last Updated 2023-09-03T13:48:35Z


    Bireuen,–
    Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-64 tahun 2023,SMK Negeri 1 Jeunieb Kabupaten Bireuen,menanam pohon dilingkungan sekolah mereka Minggu(3/9)2023.


    Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan semangat bagi siswa ,Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1 )Jeunieb Kabupaten Bireuen.


    Seperti dikatakan,Kepala SMKN 1 Jeunieb, Feri Irawan Minggu (3/9)kepada media ini.

    Ia juga menambahkan,aksi menanam pohon yang dilakukan secara simbolis dimulai setelah Apel Upacara petongatan Hardikda  berlangsung di lapangan Tugu Darussalam, Banda Aceh. Kemudian diikuti seluruh SMA/SMK dan SLB  Kabupaten / Kotq di Aceh.


    “Penanaman pohon ini bukan hanya sekadar usaha menghijaukan lingkungan, tetapi juga bagian dari pendidikan lingkungan guna mencegah dampak negatif serta mwngantisipasi terjadinya perubahan iklim secara global, menjaga keseimbangan ekosistem" Ungkap Feri Irawan"


    Pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Beberapa tahun terakhir, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang. Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan. Beberapa jenis hewan berkurang jumlahnya dan hampir punah karena habitat mereka rusak.


    Peranan pohon bagi kehidupan sangatlah vital, berikut adalah manfaat adanya pohon:

    1. Manfaat langsung, yaitu memberikan keindahan dan kenyamanan (teduh, segar, sejuk) dan menghasilkan bahan-bahan berupa kayu, daun, bunga, dan buah.


    2. Manfaat tidak langsung, sebagai pembersih udara yang sangat efektif, yaitu menjaga kelangsungan pemeliharaan fungsi lingkungan beserta flora dan fauna yang ada (konservasi keanekaragaman hayati)


    Oleh karenanya,pohon ditanam  di SMKN 1 jeunieb harus dijaga dan menjadi tanggung jawab bersama siswa dan guru agar hasilnya bisa beemnfaat bagi keindahaan lingkungan sekolah.

    Sedang jenis pohon yang ditanam berupa mangga, rambutan, dan jambu, selain untuk penghijauan, pqling tidak buah yang dihasilkan bisa dikonsumsi" tutur Feri".


    Dalam Petunjuk Teknis Penanaman Spesies Pohon Penyerap Polutan Udara yang diterbitkan oleh KLHK (2015), disebutkan bahwa 1 hektar Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dipenuhi pohon besar, dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen untuk 1.500 penduduk/hari dan menyerap 2,5 ton karbon dioksida/tahun.


    Satu hektar RTH juga dapat menyimpan 900 m3 air tanah/ tahun, mentransfer air sebanyak 4.000 liter/hari, menurunkan suhu 5 – 8°C, meredam kebisingan 25-80 persen, dan mengurangi kekuatan angin sebesar 75-80 persen.


    Penulis : Hendra

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan