-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    60 Peserta Didik UPTD SMP Negeri 1 Bireuen, Ikut Sosialisasi Perundungan

    Metronewstv.co.id
    Saturday, September 9, 2023, 08:00 WIB Last Updated 2023-09-09T01:00:46Z


    Bireuen
    , - Sebanyak 60 peserta didik Sekolah Penggerak UPTD SMPN 1 Bireuen, mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Agen Program Roots Perundungan (bullying).


    Perundungan atau bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya. Perundungan juga membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok.


    Dari 60 peserta didik UPTD SMP  Negeri 1 Bireuen,siswa putra  berjumlah 30 orang dan siswi 30 orang mulai dari kelas VII, VIII, dan IX.


    Kegiatan pencegahan perundungan (bullying) di SMP Negeri 1 Bireuen,dibuat selama 6 hari di ruang Multimedia sekolah mulai tanggal (6/12/9/2023).


    Turut hadir,Kadisdikbud Bireuen diwakili Kabid Pembinaan SMP ,Drs.M.Nasir  bersama rombongan.


    Para peserta didik selama mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Agen Program Roots Perundungan (bullying),mereka diberikan pembekalan sebagai duta perundungan sekolah oleh tiga narasumber diantaranya guru mapel Bahasa Inggris, Darajatul Ulya,S.Pd serta guru Bimbingan Konseling, Sri Nurhayati, S.Pd dan Dika Fadhila, S.Pd.


    Ketiga narasumber itu merupakan guru Sekolah Penggerak dari UPTD SMPN 1 Bireuen,mereka telah be sertifikat nasional dari Kementerian Pendidikan.


    Dalam kegiatan tersebu,Kepala UPTD SMPN 1 Bireuen, Ibrahim Harun,S.Pd.,MSM Jumat sore (8/9)2023 di ruang kerjanya mengatakan, duta perundungan sekolah dipilih melalui mekanisme pemilihan yang telah diatur disesuaikan dengan berbagai ketentuan yang tertetra pada program roots.


    Pada pelatihan ini, semua siswa dan siswi dibekali dengan pengetahuan akibat dampak dari perundungan bila terjadi di sekolah mereka


    “Usai kegiatan ini,60 peserta didik mengimplementasikan kepada para siswa - siswi yang lain di seluruh kelas di UPTD SMPN 1 Bireuen"kata Ibrahim Harun".


    Diharapkan juga,peserta didik yang sudah mengikuti kegiatan,mereka mampu menjadi penengah bagi kawan kawannya, apabila terjadi pembullyan antar siswa di lingkungan SMP Negeri Bireuen,  mereka nantinya akan bisa memberi bimbingan serta nasehat agar pembullyan tidak terjadi di lingkungan SMP Negeri 1 Bireuen.


    Dijelaskan, kegiatan sosialisasi perundungan kepada agen perubahan di UPTD SMP Negeri 1 Bireuen,sangat penting dilaksanaka untuk dapat memastikan pemahaman yang mendalam terkait konsep perundungan serta peran agen perubahan dalam mengatasi perundungan, dan mereka juga mampu menciptakan lingkungan sekolah dengan kondisi aman.


    Disebutkan juga,langkah-langkah yang harus diambil dalam sosialisasi, terutama Penjelasan Konsep, Peran Agen Perubahan, Pelatihan Keterampilan, Implementasi Program sekaligus membangun jaringan serta Dukungan


    Harapan dengan terwujubnya, program root perundungan ini, tentu bisa  Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Aman, Mengurangi Angka Perundungan, Mempromosikan Solidaritas dan Toleransi,


    Dengan Membangun Keterampilan Sosial dan Emosional, Mendorong Partisipasi Aktif Siswa, Transformasi Budaya Sekolah.


    “Dengan implementasi program root perundungan dan tujuan yang jelas,dapat membawa perubahan yang signifikan didalam menghadapi berbagai persoalan perundungan khususnya di UPTD SMP Negeri 1 Bireuen,” sebut Kepala SMP Negeri 1 Bireuen.


    Penulis : Hendra

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan