-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Upayakan Peningkatan Kesadaran Hukum, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi dan Pendampingan Pembuatan Legalitas Izin Usaha Kepada Pelaku UMKM Pedurungan Tengah

    Thursday, August 10, 2023, 23:00 WIB Last Updated 2023-08-10T16:02:06Z

    Pemalang ,- Upayakan Peningkatan Kesadaran Hukum, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi dan pendampingan pembuatan legalitas Izin Usaha Kepada Pelaku UMKM Kelurahan Pedurungan, Kecamatan Pedurungan. 


    Mahasiswa KKN Tematik Pedurungan Tengah Undip memberikan edukasi dan pendampingan pembuatan legalitas izin usaha kepada pelaku UMKM Kelurahan Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan. 


    “Berdasarkan hasil pengamatan saya melalui survei keluhan-keluhan dari pelaku UMKM di Kelurahan Pedurungan Tengah bahwa ditemukan masih banyaknya warga yang kesulitan untuk mendaftarkan legalitas usahanya yang disebabkan karena ketidaktahuan pelaku UMKM terkait pendaftaran izin usaha dan juga adanya kendala teknologi padahal dengan adanya izin usaha, usaha yang dilakukan oleh pelaku UMKM menjadi lebih tertata dan semakin dimudahkan dalam proses administrasi lainnya seperti, mengurus Sertifikasi Halal, P-IRT, Pemasaran, dan lain-lainnya sehingga hal ini menjadi dobrakan bagi saya untuk melakukan pengabdian kepada pelaku UMKM di Kelurahan Pedurungan Tengah untuk memberikan edukasi dan pendampingan pembuatan terkait legalitas izin usaha, hal tersebut disampaikan Mahasiswa KKN Undip Nening Fadhilah Istiseptiara, Jurusan Prodi Hukum. Kamis (10/08/2023). 

    Dalam pelaksanaannya, Nening Fadhilah Istiseptiara menjelaskan bahwa latar belakang dan pengertian akan Nomor Induk Berusaha (NIB), yang pada saat ini berlaku untuk mendirikan izin usaha, kemudian dijelaskan pula terkait dengan manfaat akan NIB melalui kegiatan “SEUMPAMA” (Seminar UMKM Kepada Masyarakat) yang digelar pada puncak acara KKN Tematik Pedurungan Tengah yang dilaksanakan pada hari Kamis minggu pertama di bulan Agustus tahun 2023.


    Selanjutnya “Nomor Induk Berusaha ini menjadi hal yang penting karena dengan adanya NIB tersebut maka usaha yang diproduksi oleh pihak UMKM terkait tidak hanya berfungsi sebagai formalitas dalam kelegalitasan saja tetapi banyak manfaat yang dihasilkan salah satunya sebagai jembatan untuk pemerintah dapat menjangkau kebutuhan UMKM tersebut sehingga pembantuan pemerintah terhadap pelaku UMKM dapat tercapai secara maksimal menilik kehadiran UMKM sebagai penunjang atau tulang punggung perekonomian nasional,” ucap Nening Fadhilah Istiseptiara. 


    Selain itu, ditemukan pula beberapa antusias warga Pedurungan Tengah untuk membuka suatu usaha baru sehingga membutuhkan pendampingan salah satunya melalui bidang hukum terkait dengan legalitas izin usahanya. 


    Nening Fadhilah Istiseptiara menilai bahwa dengan dilakukannnya pemberian edukasi dan pendampingan pembuatan legalitas usaha pada pelaku UMKM Pedurungan Tengah membuat nilai tambah bagi masyarakat dalam peningkatan kesadaran hukum dan dapat memberikan upaya yang solutif bagi pemecahan keluhan yang dirasakan oleh pelaku UMKM Kelurahan Pedurungan Tengah. 

    Dalam kegiatan Edukasi ini kami di beri arahan dan bimbingan dari Dosen Dosen Pembimbing yaitu dr. Siti Fatimah, M.Kes. dan Dr. Fahmi Arifan,S.T.,M.Eng,  jadi

    secara teori diberikan melalui kegiatan SEUMPAMA (Seminar UMKM Kepada Masyarakat) mulai dari definisi, manfaat, keunggulan, dan resikonya apabila tidak mendaftarkan NIB untuk legalitas izin usahanya tersebut. Kemudian disambung dengan sesi edukasi secara praktik dengan melakukan pendampingan layanan pendaftaran NIB kepada para pelaku UMKM Pedurungan Tengah”, jelas Nening. 


    “Mbak..? untuk legalitas izin usaha saya memang belum mengerti terkait prosedur pendaftarannya terus manfaatnya apa, saya juga kadang bingung karena kan bisa online atau offline untuk pendaftarannya lalu untuk tingkat kerumitan data-data yang dibutuhkan kadang kan berbeda-beda. Lalu, bagaimana caranya bila ingin untuk mendaftarkan dan prosedurnya bagaimana?,” tanya Bu Carwati, salah satu pelaku UMKM di Pedurungan Tengah yang Nening kunjungi.


    Seluruh pelaku UMKM di Kelurahan Pedurungan Tengah yang mengikuti kegiatan sangat antusias dengan adanya edukasi dan pendampingan pembuatan Izin Usaha ini terlihat dengan respon sangat interaktif selama berjalannya program tersebut. Dengan adanya kegiatan ini tentu sangat diharapkan bahwa dapat memberikan pemahanan yang dapat dicerna dengan mudah dan memberikan kebermanfaatan kepada pihak UMKM di Kelurahan Pedurungan Tengah sehingga dalam menjalankan usahanya terdapat legalitas yang mendukung untuk keberlangsungan proses usaha masing-masing pihak UMKM Pedurungan Tengah tersebut. 


    Penulis : (Eko B Art)

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan