-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Mahasiswa KKN TIM II Undip 2023 Laksanakan Program Ecobrick "Kelola Sampah Ciptakan Karya"

    Metronewstv.co.id
    Friday, August 18, 2023, 13:36 WIB Last Updated 2023-08-18T06:36:02Z


    Pemalang
    , - Mahasiswa KKN TIM II Undip tahun 2022/2023 melaksanakan program multidisplin yaitu berupa pengolalan sampah menjadi ecobrick di desa Losari kecamatan Ampelgading kabupaten Pemalang. 


    Sampah plastik dampak melimpah dan tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan efek negatif bagi lingkungan. Ecobrick adalah sebuah inovasi dalam pengolahan limbah plastik dengan tujuan untuk mengurangi limbah plastik dengan dijadikan sebuah sesuatu yang berguna, hal tersebut disampaikan Renata Gending Fadhillah jurusan Prodi Oseanografi/FPIK selaku kordes tim KKN II Undip, Kamis (17/08/2023). 


    Lebih lanjut Renata Gending Fadhillah menambahkan keterangannya bahwa program ini dilaksanakan di SDN 01-03 Losari pada tanggal (24/07/2023), kami melakukan sosialisasi mengenai sampah dan ecobrick kepada anak anak SD dengan bantuan Bapak/Ibu guru sekolah. 

        

    Selanjutnya pada Jumat, 04/08/2023, kami langsung laksanakan Monitoring ecobrick yang dilakukan di setiap SD terkait, hal ini kami lakukan supaya anak anak menjadi paham tentang pengelolaan sampah, mulai dari bahan dan alat yang digunakan serta langkah-langkah memasukan sampah ke dalam botol.


     Pelaksanaan ecobrick ini dilakukan selama satu minggu mulai dari 4 Agustus sampai dengan 6 Agustus 2023, sehingga setiap sekolah dapat mengekspresikan bentuk ecobrick yang diinginkan sesuai dengan kreativitas masing-masing SD. 


    Tentunya dalam hal ini kami Mahasiswa TIM II Undip 2022/2023 yang sedang melaksanakan KKN juga melakukan penilaian dengan kategori ecobrick ter-estetik, ter-kreatif, dan ter-fungsional. 


    Keberhasilan dari Program sosialiasi ecobrick ini diharapkan dapat mengurangi sampah di desa Losari, ada banyak kreasi dari Pembuatan ecobrick yang beraneka ragam, dan hal tersebut diharapkan mampu membantu anak dalam menciptakan ide-ide yang lebih kreatif dan inovatif, pungkas Renata Gending Fadhillah. 


    Dalam konfirmasi kegiatan dilapangan, dalam hal ini kami dari segenap Dosen Pembimbing Agus Naryoso, S.Sos., M.Si. dan Dr. Ir. Martini, M.Kes beserta An'im Kafabih, S.E., M.E dan seluruh tim Mahasiwa KKN TIM II Undip 2022/2023 "Bayu Nur Rahman (Akuntasi perpajakan), Dwi Handayani (Statistika/FSM), Bintang Akbar (Ilmu Komunikasi/FISIP), Renata Gending Fadhillah (Oseanografi/FPIK), Sari Aprilia Yulheldi (Hukum/FH), Akna Fitriyani (Sastra Indonesia/FIB), Aniq Fauziah Haningtyas (Kedokteran Umum/FK), Dilla Mustika Kharisma Putri (Peternakan/FPP)" sangat berterima kasih kepada seluruh siswa SDN 01-03 Losari, Bapak/Ibu Guru, dan Masyarakat Losari yang telah berpartisipasi dalam Kegiatan Ecobrick “Kelola Sampah Ciptakan Karya”.


    Semoga apa yang dilakukan Mahasiswa  Undip selama Tugas KKN di desa Losari bisa memberikan dampak positif dan manfaat bersama untuk sekolah dan lingkungan masyarakat desa Losari, pungkas Agus Naryoso. 


    Penulis : Eko B Art

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan