-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Lanal Nias Diwakili "Letda Laut (S) Andi Rachman" Menghadiri Pembukaan Perlombaan Sanggar Budaya Kecamatan Toma, Menyongsong Hari KEMRI ke-78, Tahun 2023

    Tuesday, August 15, 2023, 16:16 WIB Last Updated 2023-08-15T09:16:18Z

    Foto Anggota lanal nias, bersama wabup dan seluruh para hadirin, Saat melaksanakan maena bersama

    Toma, Nias Selatan
    , - Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI yang ke 78 tahun 2023. Yang dilaksanakan oleh Pemerintah kecamatan Toma kabupaten Nias Selatan propinsi sumatera utara, dengan berbagai macam perlombaan sanggar budaya, Yang dilaksanakan di lapangan merdeka kecamatan Toma sekaligus halaman SD negeri 071108 Hilisataro Gewa, Di hadiri oleh perwakilan dari Lanal Nias "Letda Laut (S) Andi Rachman". Selasa 15/08/2023.



    Pada kesempatan itu Camat Toma "Romianus Maduwu, S.Pd. MM., menyampaikan pada kata pembukaannya, Puji syukur atas kehadiran tuhan yang maha esa, dimana kegiatan yang akan dibuka secara resmi nantinya oleh bapak wakil bupati nias selatan bisa terlaksana dengan baik aman dan tertib, ini semua tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder. Ujarnya


    Lanjut camat, Dengan dibukanya acara ini kami  dari kecamatan Toma berharap kiranya dapat menjadi perhatian dari berbagai Pihak, untuk kedepan bisa lebih maju lagi sehingga setara dengan budaya nasional.


    Adapun tujuan kegiatan perlombaan sanggar budaya ini, untuk membangkitkan semangat dan mempererat rasa kebersamaan antar desa sekecamatan Toma melalui semarak HUT Kemri Ke-78. Tak lupa juga saya mengucapkan terima kasih atas support/dukungan dari berbagai kalangan hingga event ini dapat terlaksana, ujarnya.



    Adapun peserta yang ikut pada perlombaan baik sanggar budaya, maena kreasi, dan LBB pada tema "FOLUAYA SI'OLIGO TO'ENE" saat ini yakni , Desa Hiliamaetaluo, Nandisa, Hilisataro Raya, Hilisataro, Gewa, Eho Sofayo, Hiliasi, Hilinamoniha, Bawoganowo, Hilimagari, Hilialawa, Hilindraso Niha, Hilindraso Raya dan Desa Hili Soromi.



    Jenis perlombaan yang di selenggarakan yakni : 

    * Sanggar budaya

    * Maena kreasi

    * LBB tingkat pelajar, SD, SMP dan SMA/K

    * LBB tingkat desa dan instansi serta ormas.



    Pada kesempatan itu disela-sela berjalannya kegiatan,  awak media meminta tanggapan dari yang mewakili Lanal Nias, menyampaikan kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menggali potensi dan rasa bangga generasi muda tentang budayanya, meskipun dengan kondisi kemajuan jaman yang berkembang sangat cepat, semoga generasi muda di kec. Toma tetap bisa melestarikan budaya daerahnya dan budaya di Nias pada umumnya.


    Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH. MH., dalam arahannya, menyampaikan apresiasi kepada camat toma dan kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik.


    Lanjut wabup, berharap agar kegiatan yang sudah dimulai saat ini semoga dapat dikembangkan di masa yang akan datang. 


    Dan perlu kita ingat bahwa budaya kita adalah jati diri kita,  maka Jangan sampai lupa dengan jati diri dari budaya kita karena melihat budaya dari luar. Ujarnya


    Wabup juga berharap supaya giat budaya ini mari kita bergandeng tangan untuk menjadi lebih baik kedepan sehingga dapat berjalan dengan baik,aman dan kondusif. Ucapnya


    Menurut pantauan sejumlah awak media di lapangan, acara tersebut berjalan dengan baik aman dan kondusif, walaupun penonton kurang lebih seribu jiwa warga masyarakat se kecamatan Toma antusias hadir untuk menyaksikan kegiatan tersebut dengan tertib.




    Penulis : Saron. T

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan