-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    KKN Tematik Mahasiswa Undip "Bullying Adalah Bentuk Dari Kenakalan Remaja"

    Metronewstv.co.id
    Monday, August 7, 2023, 15:28 WIB Last Updated 2023-08-07T08:28:55Z


    Pemalang
    , - Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro berkontribusi dalam kegiatan posyandu remaja bersamaan dengan Puskesmas Mulyoharjo sebagai FKTP Wilayah Sugihwaras, kegiatan ini diadakan di aula Kelurahaan Sugihwaras dengan partisipasinya yakni Remaja Kelurahan Sugihwaras dan siswa-siswi dari SD N 01 Tanjungsari. 


    Dalam kesempatan tersebut Mahasiswa KKN menyampaikan dua materi yakni tentang bullying sebagai bentuk dari kenakalan remaja, serta Kesehatan Reproduksi.


    Materi bullying ini disampaikan langsung oleh Gharin Firkirani selaku mahasiswa Fakultas Hukum UNDIP. “Tujuan dari adanya pemaparan ini adalah agar remaja-remaja ini mengenal adanya bullying, karena bullying banyak terjadi di lingkungan sekitar, terutama di sekolah, dan lingkungan rumah. Bullying ini banyak macamnya tidak hanya ujaran verbal seperti mempermalukan, mengancam, mengejek saja, tapi bisa juga kekerasan fisik seperti mencubit, menggigit, mendorong, menampar, dll. Apalagi sekarang ini terjadapat jenis kejahatan baru berupa cyber bullying yang lebih mengenaskan dan lebih dalam dampaknya kepada korban”  ucap Gharin Firkirani. Senin (07/08/2023). 


    Memang benar bahwa perlu adanya pengenalan bahaya bullying sebagai bentuk kenakalan remaja di Kelurahan Sugihwaras, apalagi Kelurahan Sugihwaras merupakan Kelurahan dengan letak yang berada di pinggir pantai, yang mayoritas remajanya kurang mendapatkan pendidikan yang berkualitas, sehingga pasti banyak ujaran-ujaran kebencian seperti bullying yang ternyata memiliki banyak dampak yang berbahaya, pungkas Gharin Firkirani.


    “Kegiatan posyandu remaja pada kali ini berlangsung sangat meriah, karena mahasiswa KKN membantu memeriahkan dengan pemeriksaan kesehatan seperti biasa, menyampaikan materi-materi tentang bullying, dan Kesehatan reproduksi, tidak hanya pengisian materi saja namun mahasiswa KKN juga membantu memeriahkan dengan games-games yang seru, agar remaja-remaja yang hadir tidak bosan saat menghadiri acara posyandu remaja” Ujar Nabila selaku Ketua Kader Posyandu Remaja Kelurahan Sugihwaras. 


    Dalam kesempatan tersebut Dr. Fahmi Arifan, ST, M.Eng selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL KKN Tematik UNDIP) menanggapi kegiatan ini dengan positive, “Kegiatan membaur dengan posyandu remaja adalah hal yang baik dan perlu dilakukan oleh mahasiswa yang sedang KKN sebagai bentuk dari pengabdian. Hal ini linear dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, apalagi dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada remaja tentang bullying, dan Kesehatan Reproduksi. Saya berharap dengan adanya materi yang disampaikan oleh mahasiswa-mahasiswa KKN khususnya pada materi bullying sebagai bentuk kenakalan remaja dapat diterima dengan baik dan dapat diimplementasikan saat remaja-remaja ini bersosialisasi dengan teman maupun lingkungan sekitarnya agar tidak terjadi lagi ejek-ejekan atau bullying” tegas Fahmi Arifan.


    Selain itu, drh. Siti Susanti, Ph.D juga menanggapi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik di Kelurahan Sugihwaras “Memang benar remaja perlu diberikan edukasi tentang bullying sebagai bentuk dari kejahatan, agar remaja tau mana yang benar dan mana yang salah ketika bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitarnya. Apalagi remaja sekarang mayoritas bermain gadget jadi perlu penyuluhan tentang cyber bullying agar lebih berhati-hati dan lebih bijak dalam bersosial media” pungkas Siti Susanti. 


    Penulis: Eko B Art

    Editor: Admin 

    Komentar

    Tampilkan