-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Keren! Mahasiswa KKN Tematik Undip Berikan Pemahaman Pentingnya Brand Awareness dengan Menciptakan Iklan Promosi Melalui Spanduk dan Stiker

    Metronewstv.co.id
    Sunday, August 13, 2023, 21:58 WIB Last Updated 2023-08-13T14:58:21Z

    Pemalang, - Mahasiswa KKN Undip Tingkatkan Brand Awareness UMKM warga dengan ciptakan Iklan Promosi melalui Spanduk dan Stiker Kemasan pada UMKM Ceriping Pisang di Pedurungan Tengah Kota Semarang.  


    Secara khusus Mahasiswa KKN Tematik Undip melakukan pemberian pemahaman akan pentingnya brand awareness kepada pelaku UMKM Ceriping Pisang di Pedurungan Tengah pada hari Jumat (21/07/2023) pagi.


    “Berdasarkan hasil temuan dilapangan melalui wawancara dan survei yang telah saya lakukan sebelumnya kepada pelaku UMKM Ceriping Pisang di Pedurungan Tengah Kota Semarang. 


    Para pelaku UMKM rupanya belum mengerti dan memerlukan adanya pemberian edukasi pentingnya strategi kreatif guna meningkatkan brand awareness pada sebuah produk UMKM lantaran selama ini UMKM tersebut belum pernah melakukan pembuatan iklan promosi baik secara online maupun konvensional seperti pemberian strategi identitas produk penamaan merek, sign pada tempat berjualan hingga stiker pelabelan pada kemasan sehingga konsumen masih asing dengan produk-produk yang ada.”hal tersebut disampaikan Haikal Rifat Farihi mahasiswa KKN Undip Jurusan Prodi Ilmu Komunikasi, minggu (13/08/2023). 


    Dalam pemaparannya saat pelaksanaan Haikal Haikal Rifat Farihi menjelaskan latar belakang dan pengertian strategi kreatif untuk meningkatkan brand awareness dalam sebuah produk. 


    Kemudian dijelaskan pula mengenai manfaat serta pentingnya brand awareness demi memajukan produk-produk UMKM supaya dapat dikenal oleh masyarakat luas.


    Tak hanya itu saja Haikal juga turut serta secara langsung melakukan pembuatan iklan promosi Ceriping Pisang dengan melakukan penciptaan nama merek yang khas, membuat spanduk pada toko Ceriping Pisang serta pembuatan stiker label pada kemasan.


    “Pelaku UMKM Ceriping Pisang di Pedurungan Tengah menurut saya dalam hal komposisi dan soal rasa tentunya tak kalah dan dapat bersaing dengan produk-produk lain, hanya saja belum terekspos dan dikenal oleh banyak kalangan. Untuk itu perlu sekali pemahaman akan pentingnya pembuatan strategi kreatif untuk meningkatkan brand awareness. ”


    Sementara itu, pelaku UMKM Ceriping Pisang selama ini hanya mengembangkan target pemasaran produknya dalam lingkup kawasan Pedurungan saja dan terkendala dalam mengenalkan produk-produknya.


    Haikal menilai pemberian pencerdasan secara intelektual dan praktikal pembuatan strategi promosi yang telah dilakukannya merupakan langkah solutif untuk bisa memperkenalkan suatu produk UMKM agar dapat dikenal oleh konsumen luas. Terlebih selama ini UMKM Ceriping Pisang belum pernah melakukan promosi sama sekali melalui spanduk dan stiker kemasan.


    “Cara pembuatan nama merek identitas produk dan pembuatan Spanduk beserta Stiker kemasan sangat mudah kita hanya perlu menonjolkan keunikan dan kelenihan produk-produk kita supaya dapat dengan mudah dikenal oleh konsumen seperti varian rasa, warna kemasan, dan nama merek yang khas.” Pungkas Haikal Haikal Rifat Farihi. 


    Bu Tarwi salah salah satu pelaku UMKM Ceriping Pisang, juga menyampaikan “Iya Mas, selama ini saya berjualan cuma di daerah-daerah sini saja sekitar pedurungan karena memang tidak tahu juga bagaimana cara mengenalkan produk kami ke banyak kalangan jadi cuma tetangga yang tahu dan orang-orang yang tak sengaja lewat sini. Ucap Bu Tarwi 


    Menanggapi kondisi yang ada dr. Siti Fatimah, M.Kes. dan Dr. Fahmi Arifan, S.T., M.Eng. selaku Dosen Pembimbing menambahkan bahwa Mahasiswa KKN Undip ciptakan Iklan Promosi melalui Spanduk dan Stiker Kemasan pada UMKM Ceriping Pisang di Pedurungan Tengah Kota Semarang, terang Siti Fatimah. 


    Senada dengan hal itu "Pelaku UMKM Ceriping Pisang di Pedurungan tengah bersama tim KKN Undip tentu merasa sangat senang dan terbantu bisa secara langsung, sebab bisa berkonsultasi dan diberikan langkah-langkah konkrit  untuk menciptakan strategi kreatif dalam melakukan promosi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait strategi kreatif untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan produk dan dapat dikenal luas oleh semua kalangan, pungkas Fahmi Arifan. 


    Penulis : Eko B Art

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan