-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Inovasi Spray Penghilang Bau Kotoran Kucing dengan Aroma Kopi dan Kesegaran Mint

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, August 23, 2023, 09:52 WIB Last Updated 2023-08-23T02:52:43Z


    Pemalang
    , - Pemanfaatan Ekstrak Kopi dari UMKM Kopi Pulosari Cap Tugu Juang sebagai bahan utama pembuatan Spray Penghilang Mau Kotoran Kucing sebagai bentuk Optimalisasi Pengolahan Kopi Di Desa Pulosari Sebagai Upaya Pengembangan Produk Unggulan Masyarakat.


    Mahasiswa KKN Tematik dari Universitas Diponegoro, Semarang, melakukan pengabdian masyarakat untuk mengoptmalisakikan pengolahan kopi di UMKM Kopi Pulosari Cap Tugu Juang yang dilakukan selama 45 hari di Desa Pulosari, Kabupaten Pemalang. Selama kegiatan KKN ini, mahasiswa di tuntut untuk melakukan kegiatan program kerja yang selaras dengan tema KKN.


    Salah satu peserta KKN Tematik, adalah Amanda Huriyah Hafizhah Suharya Mahasiswa Jurusan Prodi Teknologi Rekayasa Kimia industri, Sekolah Vokasi bisa berinovasi dengan membuat Spray Penghilang Mau Kotoran Kucing yang terbuat dari ekstrak kopi. ”Ekstrak kopi juga dapat digunakan dalam pengolahan limbah, seperti penghilang bau pada kotoran hewan. Ini dapat membantu mengatasi masalah bau tidak sedap yang sering terjadi di lingkungan tertentu, terutama yang punya hewan peliharaan kucing.” Amanda Huriyah Hafizhah Suharya, Rabu (23/08/2023). 


    Lebih lanjut Amanda menjelaskan, bahwa ekstrak kopi memiliki potensi lebih dari sekadar minuman favorit, ia juga bisa menjadi solusi dalam pengolahan limbah. Ekstrak kopi ini ternyata juga mampu menjadi solusi dalam mengatasi masalah bau tak sedap, terutama yang berasal dari kotoran hewan. Dengan formula yang telah dirancang dengan cermat, spray ini dapat mengatasi masalah bau yang kerap muncul di lingkungan tertentu, terutama bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan kucing Spray Penghilang Bau Kotoran Hewan Kucing yang diberi merk ”MINTCO” ini, merupakan Spray Penghilang Bau Kotoran Kucing dengan kombinasi unik ekstrak kopi dan sentuhan segar aroma mint, terang Amanda Huriyah Hafizhah Suharya. 


    Dengan keunggulan bahan dasar ekstrak kopi yang efektif dalam mengatasi bau tak sedap, serta aroma mint yang memberikan sensasi kesegaran. Serta  formula yang aman untuk digunakan di sekitar hewan peliharaan dan lingkungan, tutup Amanda Huriyah Hafizhah Suharya. 


    Dalam kunjungan dan konfirmasi kegiatannya Dosen Pembimbing Dr. Heni Rizqiati S.Pt., M.Si. dan Dr. Fahmi Arifan, ST, M.Eng menyampaikan bahwa "Inovasi yang dihasilkan oleh Amanda tidak hanya menciptakan produk yang efektif, tetapi juga memberikan contoh nyata tentang bagaimana sebuah ide sederhana memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif yang besar dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar", terang Heni Rizqiati. 


    Fahmi Arifan juga menambahkan Selain itu, inovasi ini mewakili bentuk optimalisasi pengolahan kopi di Desa Pulosari yang berkembang menjadi produk unggulan masyarakat.


    Dengan terciptanya produk Spray Penghilang Bau Kotoran Kucing berbasis ekstrak kopi, Amanda telah membuktikan bahwa kreativitas dapat menjadi kunci untuk memecahkan masalah lingkungan sekaligus membangun produk yang berharga. Produk ini bukan sekadar solusi praktis bagi pemilik hewan peliharaan, tetapi juga menjadi model inspiratif tentang bagaimana pemanfaatan bahan-bahan lokal seperti kopi dapat menghasilkan produk bernilai tinggi, Pungkas Fahmi Arifan. 


    Penulis: Eko B Art

    Editor: Admin 

    Komentar

    Tampilkan