-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Bersama Lawan Kekerasan Seksual, Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi di Desa Gondang

    Metronewstv.co.id
    Friday, August 18, 2023, 10:05 WIB Last Updated 2023-08-18T03:05:36Z


    Pemalang
    , - Kekerasan seksual merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang sangat serius. Ini bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja. 


    Di dalam lingkungan sekolah, kekerasan seksual dapat terjadi terhadap siswa/i SMA, baik oleh sesama siswa, tenaga pendidik, atau pihak lain yang berhubungan dengan sekolah, hal tersebut disampaikan oleh Salma Putri Ayuvia mahasiswi jurusan Prodi Fakultas Hukum Undip, Jumat (18/08/2023). 


    Lebih lanjut Salma Putri Yuvia menjelaskan, oleh karena itu edukasi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual terhadap siswa SMA menjadi suatu hal yang penting serta tidak dapat diabaikan. 


    Atas dasar hal yang telah diuraikan di atas, telah terlaksananya suatu program yang bernama “Edukasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual”. Program kerja KKN ini ada dan dicetuskan langsung oleh Salma Putri Ayuvia, mahasiswi Fakultas Hukum Undip yang tergabung dalam Tim II KKN Undip 2022/2023 di Desa Gondang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. 

    Dalam Acara kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis, 27 Juli 2023 pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan bertempat di Lapangan SMA NU Taman, program ini dihadiri oleh 57 orang yang merupakan siswa/i kelas 10, 11, dan 12 SMA NU Taman. 


    Melalui program tersebut, diberikan materi berupa penjelasan tentang definisi kekerasan seksual, berbagai bentuk kekerasan seksual, dampak kekerasan seksual bagi korban, hak yang dimiliki korban kekerasan seksual, penanganan pertama terhadap korban kekerasan seksual, dan hotline aduan kekerasan seksual, ujar Salma Putri Ayuvia. 


    Dalam kesempatan yang sama Dosen Pembimbing Drs. Dra. Susiana Purwantisari, M.Si. dan Drs. Dul Muid, M.Si., Akt. beserta Dr. Ars. Ir. Wijayanti, M.Eng, juga turut mengkonfirmasi bahwa kegiatan Pemberian edukasi yang berjalan dilakukan secara jelas dan padat, sehingga peserta dapat memahami materi yang disampaikan.


    Terbukti dari tingginya antusiasme peserta yang menghampiri pemateri untuk bertanya lebih lanjut setelah program selesai dilaksanakan. Selain itu, peserta yang datang disarankan untuk membagikan informasi yang diperoleh kepada orang sekitar, baik itu kerabat, teman, maupun tetangga. Diharapkan ini bisa membawa kebermanfaatan bagi siswa/i SMA NU Taman. Kebermanfaatan yang dimaksud di sini bukan hanya untuk melindungi siswa/i SMA NU Taman dari bahaya fisik dan psikologis, tetapi juga untuk membentuk generasi yang lebih sadar, berempati, dan mampu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan positif, demikian Dosen Pembimbing menyampaikan konfirmasi dalam kegiatan KKN Undip di desa Gondang. 


    Penulis : Eko B Art

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan