-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    SDN 078140 Orahili Sibohou, Diduga Selama Menjabat Kasek di Sekolah Tersebut Tidak Ada Dana BOS, Tahun Depan Baru Ada, di Kutip Dari Penyampaian "Firman Ndruru" (Kasek)

    Friday, July 7, 2023, 12:56 WIB Last Updated 2023-07-29T04:12:27Z


    Gomo, Nisel
    , - Aneh... SDN 078140 Orahili Sibohou, Diduga Selama Menjabat Kasek  di Sekolah Tersebut Tidak Ada Dana BOS, Tahun Depan Baru Ada, di Kutip Dari Penyampaian  "Firman Ndruru" (Kasek) melalui chat di akun whatsappnya.


    Terkait hal ini diketahui dari beberapa orang tua siswa SD negeri 078140 Orahili sibohou dan masyarakat sekitarnya di Desa Orahili Sibohou kecamatan gomo kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara. Rabu, 04 juli 2023


    Salah seorang tokoh masyarakat desa Orahili sibohou kecamatan gomo menyampaikan rasa kekecewaan nya terhadap sekolah SDN Orahili Sibohou 078140. 


    Menurut penuturannya, mulai dari awal pembangunan sekolah tersebut sampai saat ini tidak pernah ada rehab, apalagi meja dan kursi siswa itu sangat memprihatinkan sekali (minim), pada hal di beberapa sekolah saya dengar dana bos itu ada dan bisa untuk rehap sekolah (belanja modal) ,kenapa tidak ada berupa pengadaan meja dan kursi kebutuhan sekolah ini. Ucapnya


    Hal ini kami menilai bahwa kasek kurang efektif  untuk memperhatikan kebutuhan sekolah dan siswa, sehingga dari salah seorang anak guru yang mengajar di sekolah ini saja ia pindahkan anaknya ke sekolah lain,  ada apa?.


    Kami menduga bahwa kepedulian guru terhadap sekolah dan siswa sangat tidak efektif , makanya anak guru sendiri saja dipindahkan nya, mungkin karena dia sudah tau bagaimana mutu pelajaran dan fasilitas di sekolahnya sehingga anak-anak mereka pun tidak di sekolahkan di tempat mereka mengajar.


    Mirisnya...... Ketua komite sekolah "Faonasokhi Ndruru" tidak di fungsikan oleh kepala sekolah.


    Menurut pengakuan ketua komite SD negeri 078140 Orahili sibohou menyampaikan kepada awak media ini bahwa, Ia tidak di fungsikan lagi  oleh kasek, ia menjabat mulai tahun 2020-2023 hanya sekali kepala sekolah  mengadakan rapat bersama komite pada tahun 2020, sejak itu sampai saat ini tidak pernah ada pertemuan/rapat di sekolah. Ujarnya


    Lebih lanjut ketua komite menjelaskan bahwa, Mulai tahun 2020 itu sampai sekarang saya tidak pernah menandatangani yang namanya RKS, Saya menduga kepala sekolah merekayasa tandatangan saya setiap pengajuan RKS, karena stempel saya sebagai komite sudah di ambil kasek, mulai pada tahun 2020, dan yang membuat saya curiga adalah, saya pernah menandatangani kertas kosong berupa hvs melalui orang yang disuruhnya dari sekolah, karena saya gak tau untuk apa yah saya tandatangani saja namanya juga kosong, eh setelah saya tandatangan rupanya dia bawa pulang kertas itu,  dari situlah saya mulai curiga  dan menduga adanya pemalsuan tanda tangan saya setiap kegiatan disekolah ini.  Ucapnya melalui telepon seluler. 


    Awak media melakukan konfirmasi kepada kasek SD negeri 078140 Orahili sibohou "Firman Ndruru", melalui nomor selularnya di akun whatsapp  +62 813-6289-0xxx hasilnya sebagai berikut :


    [29/6 12.59] Saron Telaumbanua: Selamat siang pak kasek

    [29/6 12.59] Saron Telaumbanua: Apa kabar

    [29/6 19.50] Saron Telaumbanua: Izin konfirmasi pak kasek

    [30/6 18.25] Saron Telaumbanua: Berapa jumlah siswa nya pak kasek

    [2/7 10.32] Kasek Sdn Orahili Sibohou: Sekitar 40 orang pak ketua🙏

    [2/7 13.26] Saron Telaumbanua: Fasilitas kayaknya gk sampai segitu ya pak kasek, meja, kursi siswa. 


    Apa gk ada belanja modal dari BOS?

    [2/7 22.04] Kasek Sdn Orahili Sibohou: Tolong di usulkan pak ketua

    [2/7 22.05] Saron Telaumbanua: Emg selama bapak kasek disitu gk ada dana bos nya ya

    [2/7 22.06] Kasek Sdn Orahili Sibohou: Dana bos atau belanja modak ketua

    [2/7 22.31] Saron Telaumbanua: Dua2 nya pak kasek

    [2/7 22.34] Kasek Sdn Orahili Sibohou: Mungkin tahun depan kalau dua2 ketua

    [2/7 22.35] Saron Telaumbanua: Ok pak kasek terimakasih atas responnya.


    Awak media menduga bahwa kasek SD negeri 078140 Orahili sibohou "Firman Ndruru" tidak serius menanggapi konfirmasi atau pertanyaan wartawan.

     

    Dalam hasil chat tersebut awak media menduga selama ini di sekolah SD negeri 078140 tidak ada dana BOS dan belanja modalnya, dimana penyampaian kaseknya mengatkan,  "Tahun Depan Baru ada" awak media menduga bahwa selama ia menjadi kasek di SDN 078140 Orahili sibohou tidak dana  ada BOS dan Belanja modalnya. menurut ucapannya di chat melalui whatsapp.


    Patut di duga ada benarnya dengan penyampaian salah seorang tokoh masyarakat desa Orahili sibohou juga sebagai mantan pengajar di sekolah tersebut bahwa, fasilitas sekolah SDN Orahili Sibohou meja dan kursi serta rehab sekolah selama Firman Ndruru menjabat kepala sekolah itu tidak ada, baik itu rehab ruangan dan halaman sekolah sama sekali tidak ada.


    Awak media ini juga mencoba kofirmasi kepada kades  Orahili bagaimana tanggapannya terkait sekolah SDN Orahili Sibohou, sebagai pimpinan wilayah, Ia menyampaikan sangat prihatin sekali di sekolah tersebut,  karena gedung atau ruangan sampai di halamannya tidak ada perkembangan kemajuan, berupa rehab apalagi meja kursi siswa juga sangat kurang.


    Kami dari pemerintah desa Orahili sibohou meminta kepada kadis pendidikan kabupaten nias selatan untuk kiranya memperhatikan sekolah ini,  rehapan gedungnya maupun fasilitas lainnya seperti meja dan kursi siswa dan lain sebagainya. 


    Jujur saya sebagai pimpinan di wilayah desa ini sangat prihatin sekali melihat kondisi sekolah ini dan juga meja kursi siswa/siswinya, bahkan kami dari pemdes pernah mengadakan/memberikan buku kepada sekolah SDN 078140 Orahili sibohou ini.


    Dan herannya lagi, kenapa bisa anak oknum guru yang mengajar disekolah ini lebih memilih sekolah lain dari pada sekolahnya dimana tempatnya mengajar,  bukannya mempromosikan sekolahnya untuk masuknya orang lain atau siswa dari luar kesekolahnya, malah ini terbalik, Heran.... 


    Melalui media ini kami berharap adanya perhatian khusus dari dinas pendidikan kabupaten Nias Selatan kiranya SDN 078140 orahili sibohou ini kiranya dapat di perhatikan karena terlalu jauh sekali dari kata maju dan efektif.


    Kepala dinas pendidikan Kabupaten Nias Selatan, melalui akun whatsappnya saat di awak media ini meminta tanggapan, Jum,at 07 Juli 2023, menyampaikan bahwa pihaknya (kami akan tindak lanjuti. 


    Penulis : Saron T

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan