-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Kisah Pahit pembangunan Yayasan Aceh Nusantara Dengan Modal Pribadi Tanpa Bantuan Pemerintah

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, July 26, 2023, 07:11 WIB Last Updated 2023-07-26T00:11:56Z


    Aceh Utara
    , - Kisah pahit yang dirasakan oleh Bapak Muhammad Nasir, ST.,MM. dalam pengembangan dan pembangunan Gedung Yayasan Aceh Nusantara yang disingkat YAN  dan dalam bahasa Inggris Disebut Aceh Nusantara Foundation disingkat ANF didirikan oleh Bapak Muhammad Nasir, ST.,MM (Akademika) Lhokseumawe dengan Akte Pendirian Nomor : 10,- tertanggal 10 Oktober 2013,  didepan Notaris Nila Rufaida, SH yang waktu itu merpakan di Aceh Utara dengan Badan Hukum Nomor : AHU-896.AH.01.04 Tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia di Jakarta tanggal 11 Pebruari 2014, yang merupakan  wadah untuk mencetak dan melahirkan kader-kader pembangunan masa depan yang berimtaq kepada Tuhan yang maha Esa serta beriptek, dengan berkonsentrasi dalam pengembangan dunia pendidikan masa kini, masa akan datang dan berkelas untuk bersaing dalam dunia pendidikan dan teknologi baik nasional maupun internasional.


    Yayasan Aceh Nusantara merupakan wadah pembangunan manusia yang merupakan ujung tombak serta strategi pembangunan yang berkelanjutan dan jalan untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas adalah melalui pendidikan wajib sembilan tahun, langkah tersebut dicetuskan agar dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan jati diri, nilai luhur serta budaya bangsa yang produktif dan kompetitif. Sehingga mampu menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya untuk kemandirian bangsa.


    Dalam kisah pahit pada saat pendirian Yayasan Aceh Nusantara, banyak terjadi kekurangan disana sini dan kelak dapat diharapkan mampu menyerap tenaga kerja untuk unit-unit yayasan baik yang bergerak dalam bidang pendidikan maupun bidang Kesehatan, apalagi ditengah serbuan arus globalisasi, maka sistem pendidikan juga harus mampu mewujutkan masyarakat yang mau belajar sepanjang abad. Serta dapat dilakukan pengembangan dalam bidang Pembangunan yang berkelanjutan, ini akan ditentukan pada kemampuan pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri.


    Adapun peran Yayasan Aceh Nusantara Kabupaten Aceh Utara kedepan sebagai yayasan yang twrfokus pada bidang pendidikan dan kesehatan dikarenakan komunitas rakyat Aceh adalah : untuk dapat menjadi tulang punggung utama transpormasi sosial dan pengangkatan daya saing bangsa. Disamping sebagai wadah untuk mencetak dan melahirkan kader-kader pembangunan masa depan melalui Pendidikan, juga membuat konsep pembangunan menyeluruh dan merata serta mengajak semua unsur masyarakat Aceh, Pemerintah untuk bekerja sama membangun kembali kaedah-kaedah kerukunan umat beragama yang ada dalam dalam adat istiadat pemerintahan Aceh dimasa-masa sekarang dan yang akan datang.


    Adapun maksud dan tujuan dari pembangunan Yayasan Aceh Nusantara adalah antara lain unruk :


    (1). Melahirkan generasi yang berimtaq dan beriptek untuk masa depan komunitas masyarakat Aceh masa yang akan datang.


    (2). Sebagai solusi dalam penyusunan program pembangunan Daerah khususnya didaerah-daerah tertinggal atau pedalaman dalam masyarakat Aceh oleh pemerintah.


    (3). Menjalankan hubungan kerja sama dengan lembaga/organisasi baik pemerintah dan non pemerintah dalam mengharapkan perkembangan pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) baik didalam atau diluar masyarakat Aceh.


    (4). Melakukan penelitian  -penelitian dalam bidang kajian ilmiah terhadap kebijakan-kebijakan publik dan perkembangan-perkembangan yang tidak menyentuh kepentingan rakyat melalui control pelaksanaan kebijakan pembangunan pendidikan dimasa era sekarang ini.


    (5). Menjalakan usaha-usaha lainnya yang tidak bertentangan dengan tujuan dan maksud yayasan Aceh Nusantara dimasa-masa yang akan datang.


    Sumber Modal yang utama dan sangat utama adalah dari bantuan pendiri Yayasan Aceh Nusantara sendiri yaitu Bapak Muhammad Nasir, ST.,MM, dan selanjutkan akan mengusahakan lobi-lobi dari lembaga-lembaga baik dari lembaga/Instansi Pemerintah yang berupa dana hibah, infak, wakaf dan hadiah, juga akan mengupayakan bantuan dari donatur lainnya yang tidak mengikat, baik dalam maupun luar negeri.


    Visi dari Yayasan Aceh Nusantara Kabupaten Aceh Utara adalah untuk mencetak dan melahirkan kader-kader bangsa melalui pembangunan Sumber Dayamanusia (SDM) masa depan yang berinovatif, kreatif, iptek dan berimtaq kepada tuhan yang Maha Esa.


    Misi Lembaga Yayasan Aceh Nusantara supaya bisa melakukan upaya-upaya : (1). Mencetak Sumber Dayamanusia (SDM) yang berwawasan Imtaq dan Iptek. (2).Melahirkan Sumber Dayamanusia (SDM) yang inovatif, kreatif dan mampu menyumbangkan ide-ide untuk mempercepat proses pelaksanaan pembangunan indonesia kedepan dan serta bisa memajukan pengembangan pendidikan. (3). Pengembangan penelitian dan memberikan pendidikan aplikasi kepada masyarakat Aceh dalam pengembagan pembangunan manusia seutuhnya.


    (4). Mendidik tenaga Sumber Dayamanusia (SDM) yang mampu berpikir kritis terhadap permasalahan pembangunan dunia pendidikan yang sedang terjadi berlansung disaat ini.


    (5). Memanfaatkan dan mengoptimalkan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Dayamanusia (SDM) untuk kepentingan pengembangan pembangunan Negara Indonesia pada umumnya dan daerah-daerah Aceh pada khususnya dimasa-masa akan datang.


    Demikian sekilas terhadap pendiri sekaligus menjadi pelaksana pada Yayasan Aceh Nusantara kabupaten Aceh Utara, provinsi Aceh, yang merupakan yayasan yang belum tersentuh oleh bantuan-bantuan pemerintah maupun instansi swasta yang ada dapat kami sampaikan atas perhatian serta bantuan semua pihak yang sebelumnya sangat diharapkan untuk perkembangan dunia pendidikan


    Penulis : Abunas

    Editor : Admiin

    Komentar

    Tampilkan