-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Gunung Dempo Kembali Erupsi Menyebabkan Letusan Dahsyat Sejauh 2 KM Diatas Puncak

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, July 26, 2023, 11:23 WIB Last Updated 2023-07-26T04:23:15Z


    Pagaralam
    , - Gunung Dempo Kembali Erupsi sehingga menyebabkan letusan dahsyat sejauh 2 km diatas puncak, yang berlangsung pada pukul 21 : 15 WIB tadi malam. Informasi tersebut berdasarkan keterangan oleh pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat letusan dengan ketinggian yang mencapai kurang lebih 2 kilometer (KM) di atas puncak. Selasa 26/07/23


    “Terjadi erupsi Gunung Dempo pada hari Selasa, 25 Juli 2023, pukul 21:15 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5173 m di atas permukaan laut),” ungkap Megian Nugraha dalam keterangan resminya.


    Keberadaan lokasi Gunung Dempo yang terletak di Kabupaten atau Kota Lahat, Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan dengan titik koordinat di Latitude -4.03°LU, Longitude 103.13°BT dengan ketinggian 3173 mdpl.


    Dalam keterangan resminya PVMBG menyebutkan hasil rekaman seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 204 detik dan pengamatan kolom abu berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan dan barat daya.


    " Saya  menghimbau kepada masyarakat maupun wisatawan untuk tidak mendekati atau bermalam (camping) di pusat aktivitas kawah Merapi Gunung Dempo dalam radius 1 kilometer ke sektor utara karena bisa membahayakan keselamatan pada diri kita sendiri. Pasalnya, kawah tersebut merupakan pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang berpotensi dapat membahayakan bagi kehidupan" tutupnya


    Penulis : Ambar

    Editor  : Raju Yuslin

    Komentar

    Tampilkan