-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Dibangunnya Bendungan Sungai Cimandiri Mengoptimalkan Pengairan Kelahan Sawah 100 Hektar

    Metronewstv.co.id
    Thursday, July 20, 2023, 15:20 WIB Last Updated 2023-07-20T08:20:25Z


    SUKABUMI
    , - Pemdes Hegarmanah terapkan anggarannya senilai "Rp 160.000.000" untuk pembangunan bendungan di badan sungai cimandiri tepatnya di kampung kedung jelasnya, untuk sarana pengairan sawah blok kaum tidak kurang dari 7 tahun terlantar, wilayah desa hegarmanah kecamatan warungkiara kabupaten sukabumi jawa barat.


    Pembangunan bendungan tersebut dilakukan untuk pengelolaan sumber daya air, bendungan sebagaimana dimaksud berfungsi untuk penyediaan air baku dan pengendalian air melalui jaringan irigasi, bendungan juga dapat membantu meminimalkan dan memelihara lingkungan dengan mengendalikan air dan memanfaatkan air secara efisien.


    Dilokasi terpantau pekerjaan pembangunan bendungan beton in progress dengan panjang 40 meter, ketinggian 1,80 meter, tampak jadi atas 0.40 meter, teknis cor beton, jelasnya upaya untuk mengatasi masalah kekeringan pesawahan seluas 100 hektare (ha) tersebut, mirisnya pesawahan saat ini hampir alih fungsi dari pesawahan menjadi kebun, bahkan hampir semua pematang atau galangannya hilang sekarang. Kamis (20/072023).

    Pada saat dimintai keterangan ketua LPMnya yang akrab dipanggil Ono, yang didampingi kepala desa, jajaran perangkat desa, juga tokoh masyarakat mengatakan," jujur saja saya sangat perihatin dengan pengondisian anggaran senilai 160 juta, itupun belum dikurangi pajak, pasalnya jauh lebih dari cukup.


    lanjutnya, anggaran sebesar itu harusnya, hanya untuk kepentingan jaringan irigasinya, sepanjang 2 kilometer, bentangan irigasi sebagian sudah diperbaiki masih menggunakan anggaran dana desa ditahun sebelumnya tetapi masih ada sisa yang belum kena perbaikan.


    Berbalik persoalan bendungan yang sekarang, jika dilihat badan sungai cimandiri dengan lebar hapir 200 meter, karena menurut iformasi sungai tersebut tempat dimana muaranya seluruh sungai sungai kecil dijawa barat.


    Berbanding dengan desa desa tetangga, di 2023 pengadaan bendungan terserap dari pusat hampir miliaran, seperti desa cibuntu, desa mekarasih, lalu kenapa desa hegarmanah tidak terserap, persoalan ini yang penting diperhatikan juga oleh pemerintah kabupaten baik provinsi atau pusat.


    Saya berharap kepada pemerintah, agar senantiasa memeberikan pandangan atau segera lakukan peninjauan kelokasi, agar ada perhatian terlantarnya sawah seluas 7 hektar, bahkan ini bukan main main, berkaitan dengan program nasional terkait upaya penurunan angka stuntung itu perlu terkhusus di desa hegarmanah di sektor pertanian.


    Berikutnya di sampaikan kepala desanya yang akrab di panggil Ajay Jaenudin, semua pertanggung jawaban untuk kontruksi pembangunan ini pasrahkan kepada LPM semuanya sesuai poksinya, terkait di dipekerjaan, saya selaku kepala desa  memotivasi masyarakatnya dalam pembangunan dengan cara mengundang atau mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi.


    Upaya yang dilakukan selama ini untuk mengatasi hal tersebut, pasca selesai dibangunnya bendungan bisa mengatasi keluhan para petani yang menjadi masalah utama," terangnya.


    Penulis : Muhtar Bt

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan