-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Camat Somambawa Serta Rombongan Menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun Kabupaten Nias Selatan Yang ke 20 Tahun 2023

    Saturday, July 29, 2023, 23:16 WIB Last Updated 2023-07-29T16:16:16Z


    Nias Selatan
    , - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan gelar Upacara Peringatan Hari ulang tahun  Kabupaten Nias Selatan Ke 20 Tahun, Camat Somambawa "Dayahati Hulu, SH, dan beberapa rombngan menghadirinya. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Orurusa Jl. Pancasila Kelurahan Pasar Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Jum'at 28 Juli 2023 


    Adapun Thema pada perayaan hari jadi Kabupaten Nias selatan saat ini yaitu“Mewujudkan Peningkatan Sumber Daya Manusia, Menuju Pelayanan Prima".




    Pada Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan Ke – 20 Tahun ini, dipimpin langsung oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha.


    Komandan Upacara oleh Yohanes Meralta Nehe, Pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Nias Selatan oleh Nasowolo’o Loi.


    Pembacaan teks arti lambang daerah Kabupaten Nias Selatan oleh Fa’atulo Sarumaha.


    Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH. MH, menyampaikan arahan dan bimbingan bahwa perjuangan pembentukan Kabupaten Nias Selatan telah menoreh makna di hati para tokoh pemekaran dan segenap masyarakat Nias Selatan, Bahkan semangat perjuangan yang dipengaruhi aksi dukungan dan aksi penolakan.


    Tentunya akan menjadi sejarah dalam perjalanan hidup para tokoh pemekaran dan masyarakat Kabupaten Nias Selatan melalui wadah BAMUSPERNIS yang dibentuk pada tanggal 12 Maret 2001. 


    Segala rintangan disingkirkan, sehingga mencapai puncaknya pada saat Undang – undang Nomor 9 Tahun 2003 ditetapkan dan disahkan.



    Hingga hari ini 20 Tahun kita telah mengecap Demokrasi melalui otonomi daerah, selama itu pula kita telah menikmati pembangunan dari kita. Berbagai perkembangan kemajuan, modernisasi dengan cepat dapat kita terima dan aktualisasikan dalam setiap kesempatan. 



    Meski demikian kita menyadari bahwa masih banyak sisi – sisi kehidupan masyarakat Kabupaten Nias Selatan yang memerlukan perkembangan melalui sentuhan pembangunan.



    Dalam kurun waktu 20 Tahun telah terbentuknya Kabupaten Nias Selatan, setiap Pemerintah terpilih telah melaksanakan visi – misi serta berbagai program pembangunan dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.



    Demikian juga periode Pemerintah saat ini, komitmen akan pembangunan berkelanjutan. Saat ini merupakan penerapan dari periode sebelumnya dengan visi, "Nias Selatan maju, masyarakat sejahtera". 



    Maka dijabarkan pada 5 misi pemerintah yang berorientasi pada Pelayanan, pemerataan pembangunan, SDM yang berkualitas, pengembangan perekonomian dan keamanan masyarakat.



    Kami menyadari bahwa dalam penyelenggaraan Pemerintahan ada biaya yang sangat besar, namun berkat sinergitas seluruh stakeholder, kita dapat melalui rintangan tersebut, dan mulai bangkit berbenah diri, sehingga kondisi perekonomian masyarakat secara perlahan mulai dipulihkan”, ujarnya.



    Dalam hal itu, melalui momentum ini, serta sejalan dengan Tema : Mewujudkan Peningkatan Sumber Daya Manusia, Menuju Pelayanan Prima".



    Lanjut Bupati, Saya mengajak kita semua untuk bersatu padu dalam menciptakan Kabupaten Nias Selatan yang lebih baik. Mengawal setiap program pemerintah dan memberi masukan – masukan yang bersifat membangun, agar visi – misi yang telah kami lahirkan dapat bertumbuh dengan baik, sehingga hasilnya dapat kita nikmati bersama demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias Selatan tercinta”,  ungkap Hilarius Duha.



    Pada HUT kabupaten Nias selatan ini dimeriahkan dengan pertunjukan Marching Band dari Siswa/i SMP Negeri 1 Teluk Dalam dan marching band dari siswa/i SMP Swasta Bintang Laut Teluk Dalam.



    Pada kesempatan itu hadir, Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, SH.MH, Wakil Walikota Gunung Sitoli, Sowa’a Laoli, mantan Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan Periode 2014-2019, Sidi Adil Harita, Wakil Bupati Nias Selatan Periode 2004-2009, Daniel Duha, Kepala Pengadilan Negeri Nias, Kapolres Nias Selatan, Dandim Nias, Danlanal Nias, Kajari Nias Selatan, Rabani M. Halawa dan Pengurus BAMUSPERNIS, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Sekda Kabupaten Nias Selatan, Ikhtiar Duha, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Kepala Desa Se-Kabupaten Nias Selatan, Komisioner KPU Kabupaten Nias Selatan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, Pimpinan Partai Politik, Tokoh masyarakat, Rohaniawan dan sejumlah undangan lainnya.



    Di sela-sela waktu setelah upacara perayaan hari HUT kabupaten Nias Selatan usai, awak media ini berbincang-bincang dengan Camat  Somambawa dan rombongannya menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada pejuang pemekaran kabupaten nias selatan kala itu,  sehingga hasil perjuangan beliau-beliau kita dapat merayakannya pada hari ini dengan suka cita.  Maka harapan kita bersama semoga  Nias Selatan ini bisa lebih maju lagi di masa yang akan datang. Ujar "Camat somambawa dan rekannya",



    Menurut pantauan awak media, seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik,  aman dan kondusif. 


    Penulis : Sartel

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan