-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Optimalkan Pelayanan Lapas Siborongborong Kanwil Kumham Sumut Ikuti Bimbingan Teknis Identifikasi dan Perumusan Teraan Sidik Jari

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, June 20, 2023, 19:15 WIB Last Updated 2023-06-20T12:15:18Z


    SIBORONGBORONG
    , - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Siborongborong ikuti kegiatan Pembinaan Tata Cara Pengambilan, Perumusan dan Identifikasi Daktiloskopi/ Sidik Jari  oleh Direktorat Pidana , Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) , Selasa (20/06).


    Adapun tujuan utama dari penerapan sistem identifikasi Daktiloskopi adalah sebagai usaha bantuan dalam menyelenggarakan dan memelihara keamanan dan ketertiban khususnya dalam peningkatan layanan data sidik jari pada warga binaan.


    Baca juga : Penerimaan Siswa-Siswi PPDB SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Tidak Transparan


    Adapun maksud dan tujuan kunjungan tersebut merupakan kegiatan Pembinaan tata cara pengambilan, identifikasi, dan perumusan teraan sidik jari serta pemutakhiran data sidik jari warga binaan Lapas dan Rutan di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Sumatera Utara.


    Penyampaian materi disampaikan oleh Mersinda dari Substansi Daktiloskopi Direktorat Pidana Ditjen AHU. Dalam paparannya, Mersinda menggambarkan tujuan Daktiloskopi tersebut telah dititikberatkan untuk keperluan personal identifikasi. Dalam pembinaan ini turut serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Siborongborong, Parlindungan Siregar, A.Md.IP,SH,MH  dan Kasubsi Registrasi dan petugas lainnya.


    “Daktiloskopi dapat digunakan sebagai usaha-usaha pengenalan dan pencegahan.  Pada umumnya, Daktiloskopi dapat digunakan sebagai usaha-usaha pengenalan dan pencegahan antara lain pengenalan korban bencana alam, pengenalan mayat tidak dikenal, identifikasi sesuatu pemilikan dokumen pribadi, pencegahan penyalahgunaan hak dan pemalsuan dan kecurangan administrasi” tambahnya.


    Selain itu Mersinda juga menjelaskan bagaimana cara perumusan sidik jari yang lansung dipraktekkan oleh beberapa petugas.


    Parlindungan Siregar mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan, mengingat bagian registrasi memiliki peran yang sentral dalam pendataan seluruh warga binaan.


    “Terimakasih atas kunjungan Bapak/Ibu dan ilmu yang telah diberikan,kami merasa sangat terhormat dapat menerima kegiatan pembinaan ini, kami harap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas kami dalam mengelola data warga binaan terkhusus tentang data sidik jari WBP,” ucapnya.


    Penulis : Edys lumbantoruan

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan