-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Kadisdikbud Bireuen Membuka Bimtek Manajemen Tata Kelola BOP Paud/TK Tahun 2023

    Admin
    Monday, June 12, 2023, 21:11 WIB Last Updated 2023-06-12T14:11:22Z


    Bireuen,–
    Puluhan kepala Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) / Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Bireuen mengikuti bimtek Manajemen Tata Kelola BOP PAUD/TK Tahun 2023.


    Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Pembinaan Ketenagaan (PTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen, dibuka oleh Kepala Disdikbud setempat, Muslim, M.Si, di Aula Wisma Bireuen Jaya (6/7)


    Pada kesempatan itu Kepala Disdikbud Bireuen, Muslim, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para peserta yang hadir.


    Dimana, kehadirannya telah menunjukan komitmen dan dedikasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.


    “Dirinya merasa yakin melalui kolaborasi dan kerjasama yang kuat antara kita, dapat mencapai hasil yang luar biasa dalam memajukan dunia pendidikan,” ujarnya.


    Dikatakan lagi bahwa ,Bimtek Manajemen Tata Kelola Biaya Operasional Pendidikan (BOP) PAUD/TK ini merupakan momen penting bagi semua.


    Karena akan bersama-sama meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pengelolaan BOP dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini.


    Melalui bimbingan teknis ini, diharapkan dapat mendapatkan pengetahuan baru, berbagi pengalaman, dan mempelajari praktik terbaik dalam mengelola dana BOP dengan efektif dan efisien.


    Pentingnya akuntabilitas dan transparansi dalam penggunaan dana BOP, serta bagaimana melibatkan semua pemangku kepentingan yang tertibat dalam proses tersebut.


    Ditegaskan, Biaya Operasional Pendidikan bukanlah untuk kepentingan kepala sekolah, BOP tersebut dipergunakan untuk keperluan peserta didik.


    Apabila ada laporan bahwa BOP dipergunakan tidak transparan sesuai dengan kebutuhan, kami tidak tinggal diam, kami akan mengambil tindakan dan akan kami bentuk tim Independen untuk memeriksanya.


    “Apabila ditemukan kesalahan yang sangat besar dan fatal terkait penyalahguna BOP tersebut, kami tidak segan-segan melaporkan ke pihak hukum untuk diproses,” tegasnya.


    Maka untuk itu, dia berharap kepada kepala PAUD/TK agar dapat mengelola BOP dengan transparan dan akuntabel, serta dapat membuat pertanggung jawaban dengan real adanya.


    “Jangan main-main dalam mengelola uang negara, karena kami akan di minta pertanggung jawaban baik di dunia maupun di akhirat,” harapnya.


    Muslim kembali mengingatkan peran semuanya dalam pendidikan sangatlah penting.


    “Kita memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak anak kita dan membuka peluang belajar untuk masyarakat yang terpinggirkan,” tuturnya"


    Sementara Kabid PTK Disdikbud Bireuen, Surya, S.Pd.,M.Pd diwakili Widyaprada Bidang PTK Disdikbud Bireuen, Yusmadi, S.Pd., M.Pd, melaporkan, kegiatan Bimtek BOP PAUD ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pengelolaan dana BOP dalam konteks pendidikan anak usia dini.


    “Dana BOP sangat penting dalam memastikan kelangsungan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan bagi anak anak kita serta masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan mereka,” jelasnya.


    Yusmadi menyebutkan, bimtek ini dilaksanakan selama empat hari 7-10 Juni 2023 di Wisma Bireuen Jaya.


    Bimtek Manajemen Tata Kelola BOP bagi Kepala PAUD/TK Negeri dan Swasta diikuti 70 peserta, dilaksanakan selama dua hari (7-8/6/2023).


    Kemudian kegiatan yang sama dilaksanakan pada 9-10/6/2023 diikuti 40 peserta dari unsur Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ,” sebutnya.


    Diharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan bimtek ini secara efektif dan selektif dan dapat diimplementasikan kepada teman-teman lainnya melalui kegiatan kelompok kerja kepala PAUD/TK.


    “Bimtek Manajemen Tata Kelola BOP ini menghadirkan narasumber dari Dirjen PAUD, Kemendikbud Ristek, Drs. Hamzah Hakim, M.Pd dan Jauhari M.Pd, dari BPMP Aceh,” Kata Yusmadi.


    Penulis : Hendra

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan