-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Elisabeth Nicanes Bria laksanakan Kegiatan Sosialisasi Tentang Komunikasi yang Efektif di SD Negeri Balfai

    Metronewstv.co.id
    Monday, June 12, 2023, 08:34 WIB Last Updated 2023-06-12T01:34:23Z


    Kota Kupang
    , - Mahasiswa semester 2, Elisabeth Nicanes Bria, program study Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang melakukan dan melaksanakan kegiatan sekaligus, bersosialisasi tentang Komunikasi Yang Efektif, di SD Negeri Balfai Jl. Lanudal, Penfui, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. jumat (31/05/2023) pukul 12.00 WITA. 


    Dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Komunikasi Yang Efektif tersebut, disosilisasikan untuk siswa-siswi kelas 4C SD Negeri Balfai dengan jumlah peserta sebanyak 25 Siswa, para Guru, serta teman-teman kelompok lainnya. Dengan adanya sosialisasi ini bertujuan agar siswa-siswi kelas 4C bisa mengetahui dan memahami bagaimana komunikasi yang baik dan benar. 

    Baca juga : Sat Res Narkoba Polres Tanjung Balai Berhasil Tangkap Dua Orang Pengedar Sabu barang bukti 201,1 gram sabu turut disita

    Selain tujuan dari kegiatan ini juga, dilakukan untuk mengerjakan dan memenuhi syarat salah satu tugas, yakni mata kuliah Ilmu Komunikasi yang sudah diberikan oleh Pater Yoseph Riang, SVD., S.Fil., M.I.Kom. 


    Dalam sosialisasi kegiatan tersebut “Elisabeth Nicanes Bria,” mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang selaku sebagai permateri membahas dan menjelaskan bahwa : “Manusia dan Komunikasi merupakan dua elemen yang saling melengkapi satu sama lain. Keseluruhan proses komunikasi merupakan proses kehidupan manusia itu sendiri. Manusia merupakan pelaku dan pelaksana komunikasi dalam relasi dengan sesama. Manusia saling berkomunikasi dengan tujuan untuk mengungkapkan kebutuhan, pikiran, perasaan dengan menggunakan lambang bahasa media komunikasi”. 


    "Maka dari itu, Komunikasi sangat penting sekali bagi manusia, baik antara Siswa dan Guru, Siswa dan Orangtua, bahkan antara sesama siswa". 

    Baca juga : Lowongan Kerja wartawan Metronewstv.co

    Misalnya, "bagi para siswa diwajibkan untuk menghargai guru ketika sedang mengajar, ketika berbicara dengan orangtua menggunakan nada bicara yang lembut, kemudian menggunakan kalimat atau bahasa yang mudah di pahami dan tidak berbelit-belit, dan jika berbicara dengan teman harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun". 


    "Ujar Elisabeth, sambil menjelaskan dengan nada yang lebut dan sambil tersenyum". 


    Lalu bagaimana dengan Komunikasi Yang Efektif?


    "Komunikasi efektif adalah pertukaran informasi, ide, perasaan, yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan". Tercapainya suatu komunikasi yang efektif dilihat dari tercapainya suatu tujuan dari komunikasi. Komunikasi efektif terjadi apabila pesan yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi. Berkomunikasi efektif berarti juga bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan.


    “Intinya Komunikasi yang Efektif dan Komunikasi yang Baik dan Benar adalah saling menghargai dan mendengarkan satu sama lain, bahasanya tidak berbelit-belit dan mudah dimengerti oleh orang lain”.


    Penulis : ELISABETH NICANES BRIA

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan