-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    DSI Siap Gelar MTQ XXXVI Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2023 di Lapangan RTH Cota Gapu

    Metronewstv.co.id
    Saturday, June 17, 2023, 19:11 WIB Last Updated 2023-06-17T12:11:28Z


    Bireuen
    , - Pemerintah Kabupqten Bireuen,Melalui Dinas Syariat Islam " Siap Menggelar Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tahun 2023,Kegiaran ini merupakan kegiatan lanjutan dari MTQ Tingkat Gampong, Kemukiman dan MTQ tingkat Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.


    MTQ dilaksanakan secara berjenjang, Keseriusan masyarakat dan pemerintah dalam merespon dan melaksanakan MTQ dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan dan Peningkatan.


    Seperti dikatakan ,Kadis Syariat Islam Bireuen,ANWAR, S.Ag., M.A.P kepada MetroNewsTV.Com Sabtu ( 17/6) yang juga sebagai Ketua Pelaksana MTQ ke - 36.


    Tujuannya disamping untuk meningkatkan syiar pelaksanaan syariat Islam, juga sebgai ajang seleksi calon peserta MTQ Tingkat Provinsi Aceh yang akan digelar pada bulan Oktober tahun 2023 di Kabupaten Simeulu nantinya.


    Tema Kegiatan untuk memberikan motivasi dalam pelaksanaan MTQ yaitu ”Bangkit dan Maju Bersama Membangun Generasi Qur’ani” di Kabupaten Bireuen.


    Pelaksanaan MTQ dijadwalkan mulai pada malam Sabtu tanggal 17 s.d 24 Juni 2023 atau selama 6 hari 7 malam berturut-turut. Seluruh kegiatan akan dilaksanakan mulai pukul 8.00 wib s.d pukul 23 wib.


    Ada 8 Cabang MTQ dan 24 golongan yang diperlombakan dalam ajang MTQ tahun 2023 ini, dengan jumlah  614 peserta putra/putri. Adapun rinciannya sebagai berikut; 1) Tilawah dan Qiraah Shab’ah; 166 peserta, 2)  Tartir Qur’an; 34 peserta,Selanjutnya cabang 3) Hifzil Qur’an; 87 peserta, 4) Tafsir Qur’an; 17 peserta, 5) Fahmil Qur’an; 32 group 96 peserta 6) Syarhil Qur’an; 34 group 102 peserta, 7) Khattil Qur’an; 87 peserta 8) Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (KTIQ); 25 peserta.


    Sementara dua golongan perlombaan MTQ yang tidak ada peserta yaitu; Cacat Netra Putra dan Putri dan Hifzil Quran 30 juz putra.


    Kegiatan MTQ dilaksanakan di 5 lokasi. Lokasi Pertama di Ruang Terbuka Hijau (RTH) diperlombakan MTQ cabang Tilawah dan Qiraah Shab’ah jumlah 166 peserta, Lokasi kedua dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Jeumpa  diperlombakan MTQ cabang Tartir, Hifzil dan Tafsir Quran jumlah 138 peserta.


    Lokasi ke tiga di Meuligou Pendopo Bupati Bireuen diperlombakan MTQ cabang Syarhil jumlah 34 group dan  Fahmil Qura’an 32 group jumlah 198 peserta. Lokasi ke empat di SMA Negeri Lokasi ke lima di Kampus IAI Al Muslim akan diperlombakan MTQ cabang Karya Tulis Ilmiyah Al Qur’an (KTIQ) jumlah 25 peserta.


    Dewan Hakim yang terlibat dalam MTQ ini seluruhnya berjumlah 49 orang, dibagi sesuai keahliannya  masing-masing, berasal dari LPTQ Kabupaten Bireuen dan para professional mandiri lainnya. 


    Demi kelancaran dan tertipnya pelaksanaan kegiatan MTQ, panitia menyediakan Buku Pedoman Pelaksanaan MTQ Ke-36 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Bireuen dan Ketentuan Pokok MTQ ke-36 Tahun 2023. Seluruh peserta, official dan Dewan hakim diwajibkan mempedomani buku pedoman dimaksud.


    MTQ ke-36 Tingkat Kabupaten Bireuen diselenggaran oleh Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen yang didukung oleh beberapa Dinas terkait lainnya. 


    Seluruh biaya pelaksanaan MTQ ini dibebankan pada  APBK Kabupaten Bireuen Tahun Anggaran 2023, 


    Harapan dari pelaksanaan MTQ semoga dapat memberikan manfaat dan sumbangsih  bagi peningkatan pembinaan qari-qoriah, hafizh-hafizhah, mufasir-mufassirah, meningkatkan penghayatan dan pemahaman isi kandungan al-qur’an serta penulisan indah al-qur’an.


    Penulis: Hendra

    Editor: Admin 

    Komentar

    Tampilkan