-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Banjir Tahunan di Enam Desa, Akibat Primer dan Sekunder Lantaran Buntu dan Dangkal, Butuh Keseriusan Pemerintah

    Metronewstv.co.id
    Sunday, June 11, 2023, 10:35 WIB Last Updated 2023-06-11T03:35:21Z


    Banyuasin
    , - Desa suka raja, Kecamatan Tungkal Ilir, kabupaten Banyuasin, Sumatera selatan. dan Lima Desa lainnya butu perhatian dan Keseriusan pemerintah.untuk penanggulangan  Irigasi primer dan sekunder lamaran buntu dan dangkal. mengakibatkan musibah banjir tahunan bagi masyarakat di Enam desa.


    Menurut kepala desa Suka Raja. Muhammad Ridwan. menceritakan, dampak dari banjir tahunan ini menjadi momo masalah yang dihadapi Oleh masyarakat Desa Kami. setiap tahun menjelang bulan Desember  pasti mengalami banjir itu tidak dapat dipungkirin. dampaknya 'Ya. melumpukan perekonomian dan menghambat aktifitas Warga masyarakat Desa kami. karena fasilitas umum digenangin air. 


    "Selain Desa suka raja yang terdampat banjir." Yaitu Desa Suka Mulya, Karang Asem, Marga Rahayu, Karang Mulya, Karang Anyar. yang lebi para terdampa banjir di tahun kemaren 2022 itu Desa karang Mulya dan karang Anyar.


    "Jelas Muhammat. Saat diwawancarai Oleh media ini pada hari Jum. ( 9/6/2023) Pekan lalu diruangan kerjanya.


    muhammat mengatakan, ini semua akibat irigasi Primer dan sekunder begitu masuknya air pasang di bulan Desember. Ketika air mau (Surut) atau keluar itu susa.lantaran buntu dan dangkal. sedangkan luapan air yang tinggi, cura hujan pun tinggi otomatis dimana pun ketika air tidak lancar akibat tersumbet. 


    "ucap muhammat, sehingga genangan air tersebut merusak fasilitas umum Jalan,sekolahan,kantor Desa, tempat permukiman Warga masyarakat Desa kami. tidak itu saja melainkan melumpukan perekonomian dan menghambat aktifitas Warga masyarakat. ini lah yang menjadi momo yang  terjadi setiap tahun di desa Kami maupun di desa tentangga Kami.


    "lanjut muhammat. transmigrasi ini dibangun era presiden bapak Soeharto. penempatan masyarakat ditransmigrasi ini di tahun 1985. 'Ya. dulunya adala (Zona karang agung) ini semuanya lahan persawahan padi. setiap lima bulan sekali primer dan sekunder selalu dilakukan pembersihan itu rutin oleh pemerintah melalui dinas PU.


    "Masi Kata muhammat. semenjak paska reformasi itu tidak lagi adanya pembersihan primer dan sekunder. mulaila sebagian masyarakat berali fungsi ke perkebunan sawit. akibat zat asam yang begitu tinggi setiap panen padi tidak lagi maksimal hasilnya.


    muhammat menambahkan, ada pembersihan hanya sekunder saja itu  pun di tahun 2014 dari Dinas PU  hanya sekali saja, Padahal suda sering Kami dengan Desa tetangga  mengajukan dan mengusulkan. setiap ada kesempatan Kami berdialog dengan dinas instansi terkait dari provinsi maupun kabupaten.


    "Diharapkan. pemerintah pusat, pemerintah provinsi Sumatera selatan, pemerintah kabupaten Banyuasin. dan pihak terkait agar dapat segera merealisasikan melakukan upaya perbaikan dan normalisasi saluran primer dan sekunder guna mencegah banjir tahunan," harap muhammat.pungkas nya."



    Penulis: Alam

    Editor: Admin 

    Komentar

    Tampilkan