-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Sekolah Pengerak SMPN 1 Plimbang Bireuen Berbagi Kurikulum Merdeka

    Metronewstv.co.id
    Sunday, May 28, 2023, 20:31 WIB Last Updated 2023-05-28T13:31:52Z


    Bireuen
    , - Sekolah Pengerak SMP Negeri 1 Plimbang Kabupaten Bireuen,berbagi kepada sekolah pelaksanaan IKM berubah  kurikulum merdeka.


    Kegiatan Deseminasi  Praktik Baik Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan bagi Kepala Sekolah dan Wakil Kurikulum SMP, Sub Rayon 2 sudah berlangsung semenjak tanggal (25/27) Mei 2023 diAula SMP  Negeri 1. Plimbang Bireuen.


    Sebagai pemateri Kepala SMP Negeri 1 Plimbang,Alam Khalil S.Pd dan turut dihadiri  Pengawas,Eka Rosdiana,serta  Perwakilan dari  Dinas Pendidikan  Kebudayaan Bireuen,Kasi Kur SMP, Azhari SPd MPd.


     Pada kesempatan tersebut,Alam Khalil S.Pd mengatakan, kepada sekolah Non Pengerak pada tahun ajaran baru  perlu diterapkan proses pembejaran krikulum merdeka kepada para siswa dan siswi dimana ,Kurikulum Merdeka.merupakan skema baru yang dipilih pemerintah yaitu pelatihan mandiri dan bukan lagi skema pengimbasan (cascading) yang tersentralisasi seperti pelaksanaan kurikulum-kurikulum sebelumnya.


    Pertama, Kurikulum Merdeka sudah tidak lagi terpaku pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai dalam pembelajaran per semester atau per tahun seperti pada kurikulum-kurikulum sebelumnya


    Kedua, Kurikulum Merdeka tidak lagi menyertakan silabus seperti halnya pada kurikulum sebelumnya namun memberikan kebebasan bagi pendidik untuk menyusun sendiri Alur Tujuan Pembelajaran yang akan dilalui oleh peserta didik dalam fase tertentu.


    Ketiga, Kurikulum Merdeka mendorong penerapan pembelajaran berbasis projek, tidak lagi ‘memaksakan’ metode saintifik seperti K13 yang seringkali tumpang tindih dengan siklus pembelajaran untuk disiplin ilmu yang dipelajari dalam mata pelajaran tertentu. 


    Keempat, keluhan pendidik terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang selama ini menjadi beban karena komponen-komponen di dalamnya yang terlalu kompleks direspon pemerintah dengan memberikan pendidik opsi untuk menyusun RPP dengan komponen minimal yaitu Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Asesmen, atau dengan menyusun Modul Ajar. 


    Kelima, Kurikulum Merdeka memasukkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan kegiatan kokurikuler yang diharapkan dapat memberi pengalaman belajar yang lebih eksploratif dan kontektual bagi peserta didik. Pelaksanaan P5 (saya lebih suka menggunakan singkatan Projek P4) dilaksanakan dengan 3 alternatif alokasi waktu dimana satuan pendidikan diberi keleluasaan untuk menentukan tema, dimensi, elemen Profil Pelajar Pancasila yang disesuaikan dengan kondisi sekolah dan kebutuhan peserta didik. Projek P4 bukan hanya slogan yang hanya masuk dalam RPP atau Visi Misi sekolah namun memiliki panduan yang jelas dimana satuan pendidikan diberikan kemerdekaan untuk merumuskan Projek P4 yang ingin dilaksanakan.


    "Eka Rosdiana selaku pengawas didampinggi Kasi Kur SMP, Azhari SPd MPd,saat ditanya awak media keterlibatan mereka dalam kegiatan Duseminasi Praktik Baik Kurikulum Merdeka abagi Sekolah Pelaksanaan IKM Berubah Tahun 2023 - 2024,Eka Rosdiana menjawab mereka hanya tugas memantau dan memastikan  kegiatan tersebut diadakan atau tidak,sedangkan Azhari  menjelaskan ,mudah - mudahan saja usai kegiatan ini,semua ilmu yang didapati bisa diteruskan kepada guru - guru lainya disekolah untuk bisa fiterapkan pada proses pembelajaran bagi siswa dan siswi disekolah masing - masing.


    Penulis : Hendra

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan