-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Pelatihan Jurnalistik Dengan Tema Wawasan Jurnalis yang Bersertifikat Certified Indonesia

    Metronewstv.co.id
    Sunday, April 16, 2023, 13:26 WIB Last Updated 2023-05-27T09:09:11Z


    Palembang
    , - Lembaga pelatihan Jurnalis AR Learning Center bekerjasama dengan PJS (Pemerhati Jurnalis Siber) menggelar pelatihan jurnalis yang bersertifikat Certified Indonesian Journalist (C.IJ) dengan tema Wawasan Jurnalistik dan Penulisan Berita yang diadakan secara online, Jumat (14/4/2023).


    Pelatihan yang terselenggara ini diikuti tidak hanya peserta yang berprofesi jurnalis saja, melainkan para penggiat dan pemerhati media jurnalis online. Pemateri utama dalam pelatihan ini ialah Andre Hariyanto, selaku owner dan founder AR Learning Center yang berkediaman di Jawa Barat.


    Pelatihan yang dibuka oleh moderator Presty Zulianingsih dari Aceh, dilanjut dengan perkenalan para peserta pelatihan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara. Andre Hariyanto selaku pemateri utama memaparkan materi tentang teknik penulisan berita yang baik dan benar, dalam pemaparannya Andre berharap melalui pelatihan bersertifikat ini akan tercipta sikap jurnalis yang menaati aturan berlaku netral serta teknik penulisan berita yang baik dan benar, tak lupa Andre Hariyanto berpesan kepada para peserta pelatihan untuk menanamkan sikap jurnalis tanpa berita bohong untuk membangun peradaban literasi, yang mana hal ini dapat terwujud jika para jurnalis menanamkan sikap menaati aturan dan teknik penulisan berita yang baik dan benar.


    Kegiatan ini juga diikuti oleh penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari UPN Yogyakarta dan seorang ahli pers nasional, Ketua Umum DPP Pemerhati Jurnalis Siber (PJS), Mahmud Marhaba. Tokoh yanng memimpin 25 DPD PJS se-indonesia ini mengungkapkan bahwa seorang jurnalis didalam melakukan aktivitas jurnalisnya wajib berpedoman kepada Undang-Undang Pers dan memegang teguh Kode Etik Jurnalisatik dengan baik.


    Salah satu peserta pelatihan ini yang juga merupakan Ketua DPD PJS Sumsel Rino Triono ketika berdialog dengan Andre Hariyanto mengungkapkan bahwa niat yang baik serta sikap netral wajib dipegang teguh oleh jurnalis mengingat itu merupakan bagian daripada Kode Etik Jurnalis.


    Tak luput setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan memperkenalkan lembaga penyelenggara pelatihan ini AR Learning Center. Menegaskan bahwa lembaga pelatihan ini sudah terdaftar dan diakui oleh Kemenkumham serta Negara Indonesia. 

         

    Pelatihan diakhiri dengan sesi diskusi antara praktisi, penggiat, serta peserta. Tak lupa sebagai salah satu syarat kelulusan pelatihan C.IJ para peserta ditugaskan untuk merilis berita/reportase/artikel, membuat video testimoni, serta melakukan wawancara dengan narasumber untuk berita bertema bebas.


    Penulis: Hendra

    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan