-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    KTT Asean 2023 di labuan Bajo, BEMNus NTT Bersikap, Human Trafiking di NTT penting Dibahas!

    Metronewstv.co.id
    Saturday, April 8, 2023, 14:31 WIB Last Updated 2023-05-27T09:09:43Z


    KUPANG, -
    Putra Umbu Toku Ngudang Kordinator Bemnusntt,KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan sebuah momentum yang sangat penting bagi Indonesia, terutama untuk NTT. Ada empat isu penting yang menjadi perhatian Bemnusntt, yaitu ekonomi, pariwisata, human trafficking, dan diplomasi negara-negara ASEAN dan NTT.


    KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo memberikan peluang besar bagi perekonomian NTT. NTT memiliki potensi yang besar dalam sektor pariwisata dan perikanan. Oleh karena itu, pemerintah NTT harus memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di NTT dengan memberdayakan  dengan memberikan ruang bagi UMKM  lokal untuk memperkenalkan produk-produk lokal NTT kuliner dan pakaian-pakaian motif kedaerahan dan lain-lainnya yang menjadi kahas NTT dan bagian dari upaya memfasilitasi produk lokal untuk go internasional, mementum produk lokal bersaing di tingkat internasional.


    Momentum ini juga menarik investasi dari negara-negara ASEAN, Dengan meningkatnya investasi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat NTT, diharapkan akan terjadi peningkatan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat NTT dengan melihat data terakhir dari BPS 2022 tingkat kemiskinan NTT yang masih tinggi yang mencapai 20,05%,daerah termiskin urutan tiga di Indonesia setelah Papua dan Papua barat

     

    Lebih lanjut Korda NTT, KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo juga diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata di NTT. Dengan menjadi tuan rumah KTT ASEAN, NTT dapat memperkenalkan keindahan alamnya kepada para tamu-tamu negara ASEAN. NTT memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan seperti pulau-pulau kecil, pantai-pantai yang indah, dan taman nasional Komodo. Oleh karena itu, NTT harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang untuk menyambut kedatangan para tamu ASEAN.


    Lebih lanjut Putra Umbu Toku Ngudang, NTT manjadi perbincangan di skala nasional beberapa waktu belakangan ini tentang human trafficking atau perdagangan manusia dan  menjadi isu yang sangat di bicarakan, para pekerja TKI dari NTT di pulangkan dengan tidak bernyawa. Human Trafiking atau perdagangan manusia penting untuk dibahas dalam KTT ASEAN 2023. NTT menjadi salah satu wilayah yang rawan terhadap perdagangan manusia, karena letaknya yang strategis dan menjadi sasaran utama para-para pelaku perdagangan manusia. Human Trafiking adalah kejahatan kemanusiaan yang tidak boleh di biarkan Oleh karena itu, kami meminta kepada pemerintah dapat menjadikan ini sebagai salah satu agenda penting dalam perhelatan KTT ASEAN 2023 agar dapat memperkuat hak asasi manusia di tingkat Asean.


    KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo juga menjadi sebuah kesempatan bagi NTT untuk meningkatkan diplomasi dengan negara-negara ASEAN. NTT dapat memperkenalkan keindahan alamnya dan budayanya kepada para tamu-tamu negara ASEAN, serta meningkatkan kerjasama di berbagai bidang antara NTT dan negara-negara ASEAN.


    Secara keseluruhan, KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT menjadi sebuah momentum yang sangat penting bagi Indonesia, terutama untuk wilayah NTT. Dengan memanfaatkan momentum ini, diharapkan NTT dapat mengembangkan sektor ekonomi dan pariwisata, memerangi perdagangan manusia, dan meningkatkan diplomasi dengan negara-negara ASEAN.


    Alberto

    Komentar

    Tampilkan