-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Dinas Koperasi dan UKM Sumut Buka Secara Resmi RAT Koperasi Osseda Tahun Buku 2022

    Metronewstv.co.id
    Saturday, April 1, 2023, 19:37 WIB Last Updated 2023-05-27T09:10:28Z


    Kota Gunungsitoli,–
    Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias adalah lembaga keuangan transparan dan akuntabel menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai wujud pertanggungjawaban Dewan Pengurus/Dewan Pengawas dalam melaksanakan Rencana Kerja Tahun Buku 2022, Jum'at (31/03/2023) bertempat di Hall Seview Sonata, Jalan Balai Desa, Desa Sifalaete Tabaloho, Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara, dimulai sekira pukul 08.00 wib pagi.


    RAT tahun ini bertemakan "Peluang dan Tantangan Perempuan di Era Digitalisasi."


    Diawali dengan penampilan pemberian sekapur sirih dari Sanggar Osseda dibawah binaan Koperasi Osseda, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Lagu Tano Niha. 


    Pelaporan Ketua panitia pemilihan pimpinan sidang, laporan pertanggungjawaban dan pengesahan tahun buku 2022, tarian maena bersama, menjadi rangkaian kegiatan pada Rapat Anggota Tahunan Koperasi Osseda.


    Pada sambutannya, Murniwati Waruwu mengatakan agenda utama Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022 yang diselenggarakan hari ini yaitu penyampaian laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas serta pengesahan aturan dan peraturan Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias tahun buku 2022.



    Ditambahkannya, berdasarkan Undang-undang Perkoperasian No. 25 Tahun 1992, peraturan khusus pelaksanaan RAT Koperasi Osseda serta tidak lepas dari petunjuk Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara yang selama ini telah mendukung Koperasi Osseda. 3 (tiga) goals target kerja Osseda sesuai dengan renstra Osseda pada tahun 2020 yaitu ekspansi keluar, pelayanan optimal dan pengembangan usaha, yang sebelumnya telah memiliki 3 bidang usaha yaitu simpan pinjam, produk E-VCO beserta turunannya dan Training Center Osseda (perhotelan).


    "Pelaksanaan RAT juga merupakan kepatuhan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, kami berharap kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat bagi seluruh pengurus, baik yang ada di wilayah kepulauan Nias maupun yang berada diluar Kepulauan Nias," Ungkap Murniwati Waruwu sekaligus sebagai ketua dewan pengurus.


    Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Kelembagaan, Drs Unggul Sitanggang, M.Si membuka secara resmi RAT Tahun Buku 2022 ditandai dengan pemukulan Gong. Disampaikannya, Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias merupakan salah satu Koperasi binaan Provinsi Sumatera Utara yang memiliki beberapa cabang di Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias dan juga ada diluar Pulau Nias, di Sibolga, Tapanuli Tengah dan rencana juga akan dibuka Cabang di Siantar dan Medan, dimana Koperasi Osseda ini Statis, dinamis dan meluas, kata Unggul Sitanggang.


    Lebih lanjut, Kabid Kelembagaan mengatakan Koperasi Osseda ini merupakan koperasi yang sehat di wilayah Sumatera Utara, sudah memiliki sertifikat Grade A serta melaksanakan kegiatan berdasarkan program kerja dan mempertanggungjawabkannya pada Rapat Anggota Tahunan seperti yang kita ikuti bersama ini. Kami dari pemerintah provinsi sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Koperasi ini khususnya perempuan, sehingga Kementrian Koperasi Republik Indonesia melalui LPDB telah membantu Koperasi Osseda ini melalui pinjaman dana bergulir dan menurut pengamatan kami, sudah nikmati para anggota dengan suku bunga rendah dan itu akan mengembangkan permodalan koperasi ke depan. Namun, dilaksanakan sesuai dengan aturan dan regulasi perundang-undangan yang telah diatur oleh Kementrian Koperasi Republik Indonesia.


    "Penilaian kami, seperti tahun ini Koperasi Osseda ada peningkatan jumlah anggota dan peningkatan jumlah pinjaman, begitu juga jumlah aset dan keuntungan," ungkap Unggul Sitanggang.


    Kami berharap agar Koperasi Osseda ini tetap dijaga sinergi antara pengurus, pengawas, manajemen, manajer, dan anggota, dengan adanya kebersamaan maka akan menjaga stabilnya koperasi dan menjaga kepercayaan kepada masyarakat kepulauan Nias secara khusus, Sumatera Utara pada umumnya.


    Perlu kami jelaskan, indikator koperasi yang sehat mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap tahun sesuai amanah undang-undang Koperasi dan memiliki sertifikat nomor induk koperasi. Koperasi yang betul harus secara mandiri melakukan apa yang mau mereka lakukan supaya lebih bisa menguntungkan bisnisnya, terang Unggul Sitanggang mengakhiri.


    Pada pemilihan Pimpinan Sidang terpilih sebanyak 5 (lima) orang, yakni ;

    1. Mawarlina Zebua (Ketua)

    2. Suriani Lase.         (Anggota)

    3. Firlina Waruwu.     (Anggota)

    4. Desmawati Zega.  (Anggota)

    5. Dwi Merry Gulo.     (Anggota).


    Sebelum dimulainya sidang Rapat Anggota Tahunan, ketua pimpinan sidang Mawarlina Zebua membacakan tata tertib pelaksanaan sidang. "Jumlah pengurus yang mengikuti kegiatan sidang sebanyak 329 orang, masing-masing 189 orang langsung dengan  tatap muka dan 140 orang via zoom metting," Jelasnya.


    Dari pantauan wartawan dilokasi, turut hadir pada pelaksanaan RAT tahun buku 2022 tersebut, mewakili Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Utara, Drs Unggul Sitanggang, M.Si, mewakili Kapolres Nias, Kasat Binmas Iptu Narson Waruwu, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota, Dewan Pengurus, Dewan Pengawas, Pengelola, beserta seluruh pengurus Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias (cabang dan unit), Perbankan, perwakilan para Kepala Desa, tokoh masyarakat, perwakilan insan Pers dan kegiatan RAT juga dilaksanakan lewat via zoom meeting di 8 (delapan) cabang Osseda yang sudah terbentuk.


    Diakhir kegiatan RAT, dewan pengurus mengumumkan pengurus unit terbaik, pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik dan sukses. 


    Penulis : St. Lase

    Editor : Filsuf T

    Komentar

    Tampilkan